HomeAppsTokopedia Start Summit Extension Kembali Digelar, Bahas Distribusi Sistem Hingga Pengujian

Tokopedia Start Summit Extension Kembali Digelar, Bahas Distribusi Sistem Hingga Pengujian

Technologue.id, Jakarta – Tokopedia Start Summit Extension kembali digelar, Selasa (21/9/2021). Kali ini tema yang diusung adalah “How iOS Team Build A System for Internal Apps Distribution & Testing”.

Tema ini membahas bagaimana tim iOS di Tokopedia membangun sistem distribusi secara internal hingga pengujian. Acara menghadirkan sejumlah software engineer dari Tokopedia sebagai pembicara.

Baca Juga:

Tokopedia START CX First Summit 2021 Resmi Digelar, Bahas Praktik CX

Di awal sesi, Senior Software Engineer Tokopedia, Adityo Rancaka memperkenalkan sistem internal yang digunakan Tokopedia. Sistem tersebut adalah Tokopedia Apps Distribution Platform atau TOTO.

Adityo menyebut, TOTO merupakan service yang digunakan oleh tim iOS Developer Tokopedia untuk melakukan upload build development internal mereka. Aplikasi yang telah dikembangkan didistribusikan untuk ditest.

“Tokopedia merupakan super app yang menyediakan banyak layanan dalam satu aplikasi. Untuk itu perlu adanya perbaikan dan pengembangan aplikasi lalu setelahnya dilakukan pengetesan,” terang Adityo.

Baca Juga:

Tokopedia Dorong UMKM Produsen dan Reseller Tetap Tumbuh Selama Pandemi

Lebih lanjut, Adityo menyebut Tokopedia memiliki metode pengetesan yang kerap dipakai, ada automated, unit test dan UI test, dan manual test. Metode ini digunakan untuk pengetesan aplikasi iOS.

Adityo mengakui bahwa selalu ada tantangan di setiap pengembangan sistem. Ia menyebut tantangan yang paling rumit terletak di tahap perencanaan.

Tapi menurutnya itu tidak terlalu menjadi masalah. Sebab ketika perencanaan sudah jelas, maka tahap selanjutnya akan jadi lebih mudah.

- Advertisement -

Berita Lainnya

See More