Technologue.id, Jakarta – Tokopedia menggarap bisnis umrah melalui layanan Tokopedia Umroh. Tokopedia berkolaborasi dengan para mitra strategis, dalam hal ini berbagai agen Umroh resmi, untuk membangun ekosistem dimana masyarakat dipermudah dalam menunaikan ibadah Umroh ke tanah suci.

“Kami ingin memberitahukan dan menginformasikan kepada publik bahwa Tokopedia official memberikan opsi untuk pergi umroh yang lebih mudah kepada seluruh masyarakat muslim di Indonesia,” ujar Garri Juanda, Head of Tokopedia Salam, saat prosesi peluncuran Tokopedia Umroh, di Jakarta, Rabu (27/11/2019).

Baca Juga:
Tokopedia Luncurkan Layanan Akomodasi Kebutuhan Umat Muslim

Dijelaskan Garri, Tokopedia Umroh merupakan bagian dari ekosistem Tokopedia Salam. Dalam bisnis umroh, Ia menekankan bahwa Tokopedia berperan sebagai marketplace dari biro perjalanan umroh, bukan menjadi agen travel umroh online.

“Saya menggarisbawahi bahwa Tokopedia bukan bergerak sebagai travel agent, tapi sebagai marketplace bagi travel agent yang telah memiliki sertifikat untuk mengiklankan produknya secara digital kepada puluhan juta user di Tokopedia,” ungkapnya.

Terkait jumlah agen perjalanan, Tokopedia sudah bekerja sama dengan 20 travel agent. Ke-20 travel agent itu sudah mengantongi izin dari Kementerian Perdagangan. Tokopedia memberikan wewenang penuh kepada partner travel agent dalam memasang harga paket umroh hingga menentukan tanggal keberangkatan.

“Kami bekerja sama dengan puluhan agen resmi terkurasi dengan standar layanan yang baik untuk mempermudah persiapan pengalaman beribadah Umroh dan saat melakukan perjalanan di Saudi Arabia,” tutur Garri.

Selain itu, masyarakat juga semakin dipermudah dalam melakukan pembayaran cicilan tanpa riba untuk paket Umroh di Tokopedia Umroh. “Hanya dengan membayar uang muka terlebih dahulu, untuk kemudian melakukan pelunasan sebelum keberangkatan ke tanah suci,” sambungnya.

Baca Juga:
Tren Investasi Digital, Transaksi Emas di Tokopedia Melonjak

Selain perjalanan ibadah Umroh, Tokopedia juga menghadirkan lebih dari 21 juta produk yang terkurasi oleh lebih dari 700 ribu penjual untuk mempermudah masyarakat memenuhi kebutuhan sehari-hari, termasuk berbagai produk makanan, minuman, fesyen, dan kecantikan dengan lebih lengkap, mudah, dan amanah di Tokopedia Salam.

Fesyen muslim menjadi salah satu kebutuhan yang banyak dicari masyarakat Indonesia, dalam hal ini pengguna Tokopedia. Tokopedia mencatat adanya lebih dari 85% dari pengguna memiliki kebutuhan akan berbelanja fesyen muslim. Menjawab kebutuhan tersebut, Tokopedia berkolaborasi dengan berbagai kreator lokal di industri fesyen muslim
termasuk Ria Miranda, Zoya, SAYEE dan lainnya untuk menghadirkan beragam karyanya lewat Tokopedia Salam.

Garri di sisi lain menjelaskan performa Tokopedia Salam secara umum, “Sejak peluncuran, Tokopedia Salam mengalami peningkatan kunjungan sebesar 45 persen dari bulan September hingga Oktober 2019. Selain produk makanan, minuman, fesyen, kosmetik dan perlengkapan ibadah, Tokopedia Salam juga menawarkan sederet kemudahan untuk
pilihan lengkap berinvestasi secara syariah dengan Tokopedia Emas serta Reksa Dana Syariah.”