Technologue.id, Jakarta – Tombol TouchID merupakan hal yang paling sering dipertanyakan ketika pembahasan mengenai iPhone 8 dimulai. Menurut kabar terbaru, smartphone yang dipercaya menampilkan full display pada bagian depannya tersebut masih akan memanfaatkan sebuah tombol untuk memindai jari penggunanya, namun letaknya berpindah ke sisi kanan.

Dilansir dari Forbes (18/7/2017), kabar mengenai pemnindai jari iPhone 8 yang akan tersemat langsung pada layarnya pun ditepis begitu saja. Sebuah skema dari desainer case Nodus yang dibuat secara 3D render menunjukan posisi tombol pemindai jari yang sebelumnya disatukan dengan tombol home, pada iPhone 8 akan berada di sisi sebalah kanan dan bersatu dengan tombol power.

Ukuran tombol power itu pun ditengarai akan lebih besar. Sehingga, pemosisian tombol pemindai jari iPhone 8 akan serupa dengan beberapa perangkat besutan Sony, salah satu contohnya adalah XZ Premium.

Pun begitu, Apple ditengarai telah mendapatkan hak paten untuk melakukan hal tersebut. Yang membuat perusahaan asal California, Amerika Serika ini terhindar dari ancaman pelanggaran hak paten, yang kemungkinan besarnya hadir dari kubu Sony.

Tombol Home pada iPhone 8 pun akan berubah menjadi digital, yang tampil langsung dibagian bawah layarnya yang berukuran 5,8 inci. Pada area yang sama, Apple akan menjadikannya sebagai tempat notifikasi yang baru.

Alasan utama perombakan bar notification tersebut dikarenakan kebutuhan ruang untuk lensa kamera depan dan juga sensor, yang enggan pindah dari sisi atas layar.

Baca juga:

iPhone 8 Bakal Terlambat Satu Bulan dari Biasanya

iPhone 8 Bakal Adopsi Sistem 3D Laser, Apa Gunanya?

iPhone 8 Bakal Punya Bodi Seperti Cermin?