Technologue.idDirectTop Up Saldo OVO Kini Bisa di Indomaret

Top Up Saldo OVO Kini Bisa di Indomaret

Technologue.id, Jakarta – OVO, platform pembayaran digital, rewards dan layanan finansial terdepan di Indonesia , mengumumkan kerjasama strategis dengan PT Indomarco Prismatama (Indomaret) sebagai pemilik jaringan minimarket terbesar di Indonesia.

Kini, pengguna OVO dapat mengisi saldo OVO di seluruh cabang Indomaret di Indonesia, yang berjumlah lebih dari 19.000 cabang tersebar di Sumatra, Batam, Jawa, Madura, Bali, NTB, Kalimantan, Sulawesi dan Maluku.

Hal ini penting mengingat transaksi uang elektronik sudah semakin diminati masyarakat, seperti ditunjukkan data Bank Indonesia bahwa sampai dengan triwulan III 2021 meningkat 45,05 persen (yoy) menjadi Rp 209,81 triliun. Bagi masyarakat unbanked dan underbanked, isi saldo secara offline menjadi pilihan utama agar dapat melakukan transaksi online menggunakan uang elektronik seperti OVO.

Sementara minimarket menjadi lokasi yang semakin relevan untuk melakukan pengisian saldo OVO, dengan jumlah pengunjung yang meningkat di saat pandemi COVID-19. Hal ini diperkuat oleh hasil riset dari NielsenIQ yang menemukan bahwa pada Januari hingga April 2021, pangsa pasar penjualan minimarket secara nasional mencapai 39 persen dari total transaksi eceran. Capaian tersebut tumbuh 2 persen dari periode yang sama tahun sebelumnya. Angka ini menunjukkan betapa besarnya pengaruh dari kehadiran minimarket dalam kehidupan sehari-hari masyarakat.

Head of Corporate Communications OVO, Harumi Supit, menyampaikan, “Kerjasama OVO dan Indomaret secara nyata meningkatkan kapabilitas dan jumlah lokasi pengisian saldo OVO secara offline sebagai upaya bersama untuk mendukung pengadopsian transaksi pembayaran digital di Indonesia, termasuk di daerah pelosok Indonesia. Kolaborasi ini tentunya akan sangat mempermudah seluruh pengguna untuk mengakses layanan pembayaran digital, terutama bagi masyarakat yang masih sangat terbatas terhadap akses layanan keuangan atau belum memiliki akses ke bank.”

Harumi menambahkan bahwa kerjasama ini juga berpotensi mendorong percepatan digitalisasi di daerah yang sejalan dengan tujuan pemerintah, agar pembangunan semakin merata.

Hal tersebut ditunjukkan oleh riset East Ventures-Digital Competitiveness Index 2021 yang menyebutkan layanan digital masih belum merata, dimana lima provinsi dengan daya saing digital yang tertinggi semuanya bertempat di wilayah Indonesia Barat, sementara lima peringkat terbawah didominasi oleh provinsi di wilayah Indonesia Timur.

Kolaborasi ini akan memberikan nilai tambah positif bagi masing-masing perusahaan. Selain itu, secara bersamaan mampu mendorong transformasi digital. “Bermitra dengan OVO menjadi salah satu terobosan besar untuk kami. OVO dikenal sebagai salah satu pemain digital yang terkemuka. Kami yakin, masyarakat semakin praktis dan aman melakukan pengisian saldo di Indomaret,” ujar Microeconomics Executive Director PT Indomarco Prismatama, Feki Oktavianus.

Pengisian saldo OVO di gerai Indomaret dapat dilakukan oleh pengguna dengan nilai minimal Rp10.000,-, ditambah biaya admin sebesar Rp1.500,- per transaksi. Caranya sangat praktis, pengguna cukup klik fitur ‘Top-up’ pada aplikasi OVO, kemudian pilih ‘Indomaret’ dan masukkan nominal saldo yang diinginkan, lalu tekan tombol konfirmasi untuk memperoleh kode pembayaran yang nantinya akan diberitahukan kepada petugas kasir di Indomaret. Terakhir, pengguna hanya perlu membayar jumlah tersebut di kasir dan saldo OVO akan terisi secara otomatis.

Sebagai perayaan awal kolaborasi ini, pada tanggal 15-19 Desember 2021 dan 22-26 Desember 2021, untuk setiap nominal isi saldo di atas Rp 250.000,-, pengguna akan mendapatkan produk minuman S-tee 200ml secara gratis.

OVO juga akan mengadakan kampanye Hebohmas 12.12 yang akan dimulai pada 12 Desember 2021 dan berakhir pada 23 Desember 2021, di mana para pengguna OVO yang melakukan transaksi di mitra OVO berkesempatan untuk memenangkan hadiah istimewa berupa emas sebesar 12 gram emas untuk total 144 pemenang.

Hal ini merupakan salah satu langkah OVO sebagai apresiasi atas kepercayaan pengguna, termasuk dalam melakukan transaksi isi saldo secara offline, terlebih di Indomaret yang tentu akan semakin memudahkan akses bagi pengguna.

Sebelumnya di tahun 2021, OVO sudah terlebih dahulu menjalin kerjasama dengan PT Pos Indonesia, Mandiri Agen, Agen Faspay, Mitra Bukalapak serta Lottemart untuk memperluas kapabilitas isi saldo secara offline, cakupan yang kini lebih diperkuat lagi dengan kerjasama jaringan Indomaret. Diharapkan agar sinergi OVO dan Indomaret akan mampu menjangkau dan memfasilitasi kebutuhan pengguna dalam melakukan pengisian saldo OVO secara lebih luas lagi.

- Advertisement -