Toshiba Dilelang?

Ilustrasi Toshiba (source: Toshiba)

Technologue.id, Jakarta ā€“ Tak lama setelah Toshiba resmi membuka penawaran bisnis di sektor memori NAND, beragam perusahaan besar dan berpengaruh pun langsung berlomba-lomba untuk memikat Toshiba dan membuatnya jatuh hati.

Mengutip MacRumors (2/4/17), dari sekian banyak perusahaan yang berniat meminang Toshiba, ada beberapa raksasa teknologi yang bertarung dalam perebutan ini. Mereka adalah Google, Apple, dan Amazon.

Tiga nama perusahaan tersebut dipastikan ikut bertanding memenangkan Toshiba berdasarkan pernyataan narasumber yang merupakan orang dalam dan terlibat di dalam perdebatan ini.

Tak mengherankan mengapa Apple ingin membeli memori NAND. Sebab, sebagian besar produknya bergantung pada pasokan memori NAND dari Toshiba. Sedangkan alasan mengapa Google dan Amazon berminat adalah karena mereka ingin memenuhi kebutuhan server-nya.

Tapi, masih belum diketahui seberapa besar mahar yang ditawarkan tiga perusahaan teknologi ternama ini untuk meminang unit bisnis Toshiba. Namun, berdasarkan kabar yang beredar, sebuah perusahaan manajemen investasi bernama Silver Lake dan perusahaan prosesor Broadcom berani menawar dengan harga setara Rp240 triliunan.

Selain beberapa nama di atas, ada beberapa nama peminat lain, seperti Western Digital, Foxconn, dan TSMC yang berusaha untuk memiliki unit bisnis memori NAND Toshiba.

Sementara itu, keputusan Toshiba untuk menerima akuisisi ini tampaknya masih akan terus dipertimbangkan. Pasalnya, baru pada Kamis (30/03/17) lalu para pemegang saham perusahaan asal Jepang itu sepakat untuk memisahkan saham memori NAND dan menjualnya seharga Rp120 triliun guna menutupi biaya konstruksi pembangkit listrik bertenaga nuklir milik mereka.

 

Baca juga:

Akuisisi Harman Rampung, Mobil Pintar Samsung Segera Tiba?

Ingin Kembangkan AI, Microsoft Akuisisi Startup Asal Kanada

Paska Diakuisisi Avast, Ini Produk Terbaru AVG di 2017