Technologue.id, Jakarta – Produsen perangkat jaringan, TP-Link melahirkan empat perangkat terbaru di kuartal keempat tahun ini. Perangkat yang diumumkan pada hari ini seperti WiFi Mesh Deco E4, Tapo C200, outdoor access point CPE605, dan switch TL-SF1008P. Harganya pun bervariasi mulai dari Rp 400 ribu sampai paling mahal Rp1,5 jutaan.

“Ada empat produk yang kita perkenalkan. Pada dasarnya ini adalah solusi yang kami sediakan untuk konsumen agar memiliki pemahaman dan solusi yang terbaik dalam menggunakan produk kami,” tutur Sterling Li, Country Director TP-Link Indonesia, saat peluncuran sederet perangkat ini, di Jakarta, Selasa (26/11/2019).

“Seperti misi kami yang ingin menyediakan solusi yang reliable bagi konsumen. Topik kami hari ini adalah Realiable Technology,” sambungnya.

Baca Juga:
Prolink Rilis Xtend Pro, Router Wifi Pelenyap Dead Spots

WiFi Mesh Deco E4 (Choiru Rizkia / Technologue.id)

WiFi Mesh Deco E4 menjadi produk unggulan yang diberikan peningkatan fitur dari seri Deco M5. Diungkap Biko Yoshia, Marketing Manager TP-Link Indonesia, router terbaru ini membawa fitur andalan, salah satunya Parental Control. Dengan fitur ini, orang tua bisa memantau dan mengelola para pengguna kala mengakses internet.

“Dengan Parental Control, di sini ada content filtering, batasan waktu akses internet, internet pause untuk menghentikan sementara, melihat history website mana yang sering dikunjungi user, memprioritaskan device mana yang ingin kita atur kecepatannya, hingga device blacklist,” jelas Yoshia.

Selain itu, Deco E4 juga mengadopsi fitur Seamless Roaming untuk memperluas jangkauan WiFi di rumah karena dapat menghilangkan titik buta (blank spot) WiFi yang kerap terjadi pada jaringan internet.

Tapo C200 (Choiru Rizkia / Technologue.id)

Bergeser ke kamera keamanan rumah, Tapo C200. IP camera mungil ini dilengkapi dengan resolusi 1080p, pan/tilt 360 derajat dan 114 derajat, night mode, motion detection, Two Way Audio, Privacy Mode, dan penyimpanan 128GB microSD.

Khusus fitur two way audio, pengguna bisa mengirim dan menerima pesan suara melalui speaker yang ada di Tapo C200. Respon yang diterima pengguna akan didengar dari smartphone via aplikasi Tapo Camera.

“Ini benar-benar Live, kita bisa mengobrol langsung. Jadi bukan hanya sekedar mengirim pesan suara, seperti WhatsApp yang hanya merekam dan kirim,” tandas Yoshia.

Baca Juga:
Router WiFi Huawei Terbaru Diklaim Kasih Internet Ngebut

TP-Link CPE605 (Choiru Rizkia / Technologue,id)

Lalu perangkat selanjutnya, TP-Link CPE605 merupakan perangkat outdoor access point yang dapat membantu masyarakat mengatasi masalah dalam kesulitan menjangkau layanan internet di suatu lokasi. Perangkat ini memiliki antena internal dengan kekuatan 32dBi dan dapat memancarkan frekuensi 5GHz. Daya jangkau alat ini bisa mencapai maksimal 20km.

Soal resiko cuaca di luar ruangan, TP-Link CPE605 didesain tahan terhadap berbagai kondisi cuaca, seperti sinar matahari, curah hujan, angin, salju atau suhu udara rendah serta tinggi.

Perangkat terakhir yang dikenalkan saat ini adalah switch TL-SF1008P. Dikatakan Yoshia, piranti ini cocok untuk memperluas jaringan (seperti AP, IP Kamera atau IP Phone, dsb) di rumah dan kantor dengan mengintegrasikan kemampuan jaringan 100Mbps Fast Ethernet dan Ethernet 10Mbps. Ada 8 port yang disuguhkan TL-SF1008P, dimana 4 diantaranya didukung fungsi Power over Ethernet (PoE).

Semua perangkat TP-Link yang diluncurkan ini dapat dengan mudah diperoleh melalui distributor dan dealer resmi TP-Link atau marketplace yang ada di Indonesia.

Daftar harganya sebagai berikut Deco E4 (Rp 1,550,000), Tapo C200 (Rp 400,000), TP-Link CPE605 (Rp 670,000), dan TL-SF1008P (Rp 700,000).