Technologue.id, Jakarta – Dengan pengguna yang terhitung mulai Juni lalu sudah mencapai 500 juta, mustahil mengesampingkan nama Instagram di jagat jejaring sosial. Pengguna platform milik Facebook Inc. itu pun faktanya terus tumbuh secara konsisten sedari 2013 sampai sekarang.

Kendati demikian, redaksi yakin ada satu hal yang mungkin mengganjal di benak Anda sedari dulu, yakni mengapa foto dan video di Instagram tak bisa diunduh. Medsos itu memang tak mengizinkan penggunanya menyimpan konten di Instagram dari aplikasi bawaannya, tetapi Anda bisa menggunakan aplikasi third-party seperti InstaSave.

Berikut cara mengunduh foto dan video di Instagram via ponsel Android seperti disadur dari AllTechBuzz (4/8/16):

1. Update aplikasi Instagram Anda, pastikan berada di versi yang termutakhir. Redaksi sudah mencoba trik ini di versi 9.0.1 dan berhasil.

2. Lalu, pasang aplikasi InstaSave for Instagram di Play Store via link ini. Kali ini, redaksi menggunakan InstaSave versi 1.8.2.

3. Buka InstaSave setelah proses download usai. Kemudian, sentuh tombol ‘Open Instagram’ di tampilan utamanya. Setelah aplikasi Instagram muncul, carilah konten yang ingin Anda unduh.

Tips menggunakan Instasave (source: Technologue.id)

4. Kalau sudah ketemu, pilih simbol tiga titik di atas foto atau video tersebut, lalu tap ‘Copy Share URL’. Sayangnya, opsi ini tidak akan muncul untuk konten dari private account, walaupun request follow Anda sudah di-accept oleh yang bersangkutan.

Tips menggunakan Instasave (source: Technologue.id)
Tips menggunakan Instasave (source: Technologue.id)

5. Secara otomatis, InstaSave akan menyimpan link tersebut. Anda tinggal membuka InstaSave lagi lalu tap tombol download di pojok kanan bawah.

Voila! Foto dan video dari Instagram pun tersimpan dengan sukses di memori ponsel Anda.

Oh iya, semisal Anda ingin menghapus link foto dan video yang telah tersimpan di InstaSave, usap saja ke kanan atau ke kiri. Nantinya, akan muncul pop-up window berisi konfirmasi penghapusan konten tersebut.

Kendati demikian, perlu diketahui kalau cara ini tidak direkomendasikan karena melanggar kebijakan user Instagram. Mungkin, InstaSave akan lebih bijak kalau digunakan untuk mem-backup foto-foto di akun Anda sendiri.

Selamat mencoba!

 

Baca juga:

TIPS TINGKATKAN PERSONAL BRANDING DI LINKEDIN

CARA MENONTON VIDEO TANPA KUOTA DI OPERA MINI

TIPS DAPAT TEMAN BARU DARI SEKITAR PAKAI LINE PEOPLE NEARBY