Technologue.id, Jakarta – Walaupun “hanya” berstatus sebagai satu dari lima vendor smartphone top dunia saat ini, Oppo dan sepak bola tidaklah asing. Sebab sedari tahun 2015, pabrik elektronik berusia 13 tahun itu sudah menjalin kerja sama eksklusif dengan FC Barcelona.

Kemitraan berdurasi tiga tahun itu memungkinkan Oppo melakukan penetrasi ke pasar global bersama Andrés Iniesta dan kawan-kawan, baik berupa pembuatan iklan di televisi maupun kegiatan bersama fans. Selain itu, Oppo pun jadi punya hak istimewa untuk merilis ponsel khusus bertemakan klub yang beberapa kali menaklukkan benua Eropa tersebut.

Hasil kolaborasi perdana keduanya untuk pasar smartphone adalah R7 Plus FCB Edition. Gawai berbalut warna emas plus bercap logo FC Barcelona di bagian belakang bodinya tersebut mulai dijual di Indonesia pada September 2015 silam seharga Rp7 jutaan. Dengan harga setinggi itu, Oppo R7 Plus FCB Edition tak sekadar menjual eksklusivitas pada para fans El Barca, tetapi juga menyediakan gadget berspesifikasi tinggi di masanya.

Trilogi Smartphone Oppo-FC Barcelona yang Gemparkan Pasaran
Oppo R7 Plus FCB Edition (source: Oppo)

Baca juga:

“Kami Tidak Menyangka Perangkat Ini Bisa Terjual Dalam Waktu Cepat”

Buktinya, ponsel 6 inci berlabel “Smartphone of Champions” tersebut punya jeroan semacam prosesor Qualcomm Snapdragon 615 8-core, RAM 3GB, ROM 32GB, dan kamera utama 13MP plus kamera selfie 8MP. Namun, keunggulan utama dari Oppo R7 Plus FCB Edition sesungguhnya terletak pada kapasitas sumber dayanya yang mencapai 4.100mAh dan sudah mendukung fitur VOOC fast charging. Bayangkan saja, walau baterainya berkapasitas besar, Anda cuma membutuhkan 30 menit untuk mengisinya hingga 75 persen.

Juli tahun lalu, vendor dari China itu menjajakan kembali smartphone spesial bernuansa El Barca lainnya dengan sangat terbatas di Indonesia, yaitu F1 Plus FCB Edition. Hadir dengan perpaduan warna merah dan biru khas FC Barcelona, gadget 5,5 inci itu makin memukau para Cules alias fans FC Barcelona dengan logo klub yang dicetak di atas emas 18 karat pada bodi belakangnya. Tak ketinggalan, disediakan pula case eksklusif dengan cetakan tanda tangan dari lima pemain top El Barca.

Trilogi Smartphone Oppo-FC Barcelona yang Gemparkan Pasaran
Oppo F1 Plus FCB Edition (source: Oppo)

Baca juga:

Oppo Klaim Lebih Enak Main Mobile Legends Pakai F3 Plus

Dijual seharga Rp6.499.000 saat itu, Oppo F1 Plus FCB Edition disambut baik oleh konsumen Oppo, utamanya fans tim asal Spanyol tersebut. Praktis, kendati secara global handset itu diproduksi sebanyak 1.000 unit dan di Indonesia sendiri hanya kebagian 10 unit, Oppo mengklaim ada 2.000 orang yang sudah mengantre untuk mendapatkannya. Jelas, banyak penggemar FC Barcelona yang kecewa saat itu karena mekanisme pembelian F1 Plus FCB Edition ini dilakukan melalui proses pengundian mengingat jumlahnya yang sangat terbatas.

Selayang pandang spesifikasi dari Oppo F1 Plus FCB Edition, Anda akan mendapati hardware mumpuni sekelas prosesor MediaTek Helio P10 Octa-Core, RAM 4GB, memori 64GB, dan kamera belakang 13MP f/2.2. Sedikit berbeda dengan smartphone kebanyakan, gadget berbaterai 2.850mAh ini punya resolusi dan aperture kamera depan yang lebih tinggi dari kamera belakangnya, berkat sensor 16MP dan f/2.0, sehingga hasil swafoto Anda bisa lebih ciamik.

Nah, bulan ini, Oppo pun “sedikit berbaik hati” pada konsumennya. Kembali menjual smartphone eksklusif FC Barcelona yang dimodifikasi dari perangkat Oppo F3, vendor yang terkenal akan ponselnya yang mantap untuk dipakai selfie itu menyediakan lebih banyak unit dari tahun lalu, yakni 300 buah.

Namun lagi-lagi mereka menemui hal yang tak terduga. Ponsel bernama resmi Oppo F3 FCB Limited Edition itu ludes dalam kurun waktu kurang dari 12 jam pasca dirilis Senin (08/08/17) kemarin.

Trilogi Smartphone Oppo-FC Barcelona yang Gemparkan Pasaran
Oppo F3 FCB Edition (source: Oppo)

Baca juga:

Anda Berjiwa Sporty dan Suka Warna Merah? Ponsel Ini Cocok Buat Anda!

Sekadar informasi, Oppo F3 FCB Limited Edition ditawarkan dengan harga Rp4.099.000. Dari luar, gawai 5,5 inci itu tetap memiliki logo FC Barca dengan gold plated 18 karat dan case yang telah ditandatangani pemain andalan tim Catalan itu, sama seperti Oppo F1 Plus FCB Edition.

Akan tetapi, faktor lain yang membuat ponsel itu lebih menggairahkan untuk dibeli adalah adanya gift tambahan berupa tas eksklusif FC Barcelona senilai Rp1,999 juta serta kamera depan ganda 16MP+8MP. Gadget yang jago untuk diajak group selfie ini turut dibekali dengan jeroan berspesifikasi tinggi, antara lain: prosesor MediaTek Octa-Core, RAM 4GB, ROM 64GB, baterai 3.200mAh, juga kamera utama beresolusi 13MP ber-aperture f/2.2.