Trio Hacker Asal Korut Serang AS, Gondol Rp 18 Triliun

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Tiga orang hacker asal Korea Utara dituntut Amerika Serikat atas tuduhan peretasan yang merugikan sejumlah perusahaan. Mereka adalah Jon Chang Hyok, Kim Il, dan Park Jin Hyok.

Ketiganya telah mencuri uang dalam bentuk mata uang kripto (cryptocurrency) dari bank hingga prusahaan studio film dengan total kerugian mencapai US$1,3 miliar atau sekitar Rp18 triliun.

Baca Juga:

Nyamar Jadi Hacker, Bocah 11 Tahun Malah Peras Ayahnya Sendiri


Departemen Kehakiman AS menyatakan bahwa mereka melakukan peretasan saat masih menjabat di Dinas Intelijen Militer Korea Utara. Mereka dengan sengaja menyalahgunakan jabatannya.

Lebih lanjut dipaparkan bahwa mereka telah melancarkan aksinya sejak tahun 2018 lalu. Peretasan dilakukan di sejumlah negara di luar Korea Utara, seperti Rusia, China, Slovenia, dan bahkan Indonesia.

Dalam aksinya mereka menggunakan teknik spearfishing dan mempromosikan aplikasi cryptocurrency yang telah disematkan malware berbahaya yang bisa membobol dan menguras uang kripto korban.

Baca Juga:

Makin Gila, Hacker Bisa Sabotase Peneliti untuk Buat Senjata Biologis


“Mereka perampok bank terkemuka di dunia,” kata Asisten Jaksa Agung AS, John Demers, dikutip dari The Guardian, Jumat (19/2/2021).

“Hacker asal Korea Utara ini lebih memilih menggunakan keyboard dibanding senjata, mencuri dompet digital daripada karung uang tunai,” tambahnya.

- Advertisement -

Latest News

Infinix Note 10 Pro NFC Rilis, Harga Rp 2 Jutaan

Technologue.id, Jakarta - Infinix Note 10 Pro NFC resmi meluncur di Indonesia, Selasa (16/6/2021). Smartphone ini hadir dengan performa yang lebih gahar...

realme GT 5G Melenggang di Eropa, Ini Spesifikasi-nya

Technologue.id, Jakarta - realme GT 5G resmi meluncur secara global. Sesuai dengan namanya, smartphone ini hadir membawa dukungan jaringan generasi terbaru, 5G.

Mi Band 6 Hadir Bawa Fitur Baru

Technologue.id, Jakarta - Xiaomi merilis smartband generasi terbaru yaitu Mi Band 6. Gelang pintar ini dibekali spesifikasi lebih baik dibanding pendahulunya Mi...

iPhone Jadul Segera Update ke iOS 12.5.4

Technologue.id, Jakarta - Apple merilis pembaruan keamanan iOS 12.5.4. Update sistem operasi ini ditujukan bagi pengguna iPhone dan iPad Air tipe lawas.

Xiaomi Mi 11 Ultra Hadir di Tanah Air, Stok Terbatas

Technologue.id, Jakarta - Varian tertinggi Xiaomi Mi 11 Series resmi meluncur di Indonesia. Adalah Mi 11 Ultra, perangkat ini hadir sebagai pendobrak...

Related Stories