Tuai Respon Positif, Moka Helat Kembali Wadah Edukasi UKM

Technologue.id, Jakarta – Startup penyedia layanan Point-of-Sale (POS) akan kembali mengadakan kegiatan berbasis edukasi teknologi digital untuk UKM bertajuk A Cup of Moka (ACOM). ACOM tahun kedua ini menargetkan lebih banyak peserta dengan cakupan area lebih luas.

ACOM 2019 bakal digelar di 37 kota di Indonesia dengan menyajikan 24 topik dan 60 pembicara. Dengan begitu diharap bisa menjaring lebih dari 2000 peserta. Bila dibandingkan tahun lalu, ACOM pertama kali hanya diselenggarakan di lima kota saja.

Namun Moka selaku penyedia layanan software-as-a-service (SaaS) ingin turut berkontribusi dalam membantu pemerintah untuk memfasilitasi para pelaku UKM dalam mendalami pengetahuan yang berguna bagi kegiatan bisnisnya agar dapat naik kelas dan berkelanjutan dengan memanfaatkan teknologi digital.

“Lima kali kami menggelar workshop dan seminar di kota-kota selain Jakarta tahun lalu, responnya cukup positif. Karena itu kami ingin meluncurkan ulang A Cup of Moka karena masih sedikit UKM yang punya literacy digital,” ujar Bayu Ramadhan, VP Brand & Marketing Moka, saat peluncuran ACOM 2019, di Jakarta, Selasa (22/1/2019).

Baca Juga:
Moka Raih Pendanaan Seri B Senilai Rp355 Miliar

Di Indonesia sendiri, jumah UKM yang melek digital masih berada di bawah angka 20 persen dari total UKM. Padahal, pemanfaatan teknologi dapat mendorong produktivitas UKM untuk tumbuh dan berkembang di mana salah satu solusi yang dapat dijalani adalah dengan memberi pelatihan UKM di sektor digital.

“Kami di Moka tidak hanya ingin jualan, tapi educate ke merchant-merchant dan stakeholder lain bahwa seperti apa teknologi digital untuk membantu perkembangan industri UKM,” imbuhnya.

A Cup of Moka (ACOM) bertujuan untuk memberikan dua manfaat utama bagi pelaku UKM. Pertama, melalui konten edukatif berisi materi data-driven yang terbagi menjadi dua topik utama, yaitu business practice dan  di mana business inspiration ACOM memadukan antara ilmu praktikal dan inspirasi bisnis dalam mengembangkan usaha. Mulai dari ilmu pemasaran UKM, manajemen keuangan, manajemen operasional, penggunaan sosial media untuk UKM, hingga berbagi ilmu dalam fotografi untuk bisnis.

Baca Juga:
Perluas QR, OVO Fasilitasi Pembayaran Digital UKM di Tangerang

Kedua, yaitu wadah kolaborasi di mana ACOM dapat menjadi medium bagi komunitas dan UKM yang ingin berkolaborasi langsung dengan program-program yang diadakan oleh ACOM. Misalnya, untuk mempromosikan komunitas, networking, atau berpartisipasi dalam acara-acara komunitas UKM yang memiliki pesertanya sendiri.

Moka kini sedang membangun Moka Learning Hub yang ditujukan sebagai pusat berbagi ilmu dan inspirasi seputar bisnis melalui dua medium, baik offline maupun online.

Startup lokal ini sendiri telah mempunyai 13 ribu merchant UKM yang berasal dari bisnis kuliner (FnB), layanan jasa, hingga ritel. Dengan jumlah UKM yang bergabung saat ini, Moka mengklaim telah menjadi market leader di industri POS Indonesia.

Latest News

Mempercantik Feed Instagram dengan OPPO Reno4 F

Technologue.id, Jakarta - OPPO Indonesia resmi menghadirkan perangkat Reno4 F belum lama ini. Ponsel tersebut hadir dengan sejumlah fitur ciamik yang mampu...

Tips Memaksimalkan Kamera Oppo Reno4 F

Technologue.id, Jakarta - Fotografi mobile semakin banyak diminati millenial, apalagi didukung oleh peningkatan kamera smartphone yang tiada habisnya. Hasil jepretan Anda akan...

Mode Infection PUBG Mobile Sudah Hadir, Defenders dan Zombie Siap Tempur!

Technologue.id, Jakarta - Saat mendekati Halloween banyak game mulai hadirkan event musiman, termasuk game PUBG Mobile. Tahun ini, PUBG Mobile hadirkan lagi...

Xiaomi Luncurkan Wireless Fast Charging 80W

Technologue.id, Jakarta - Selain dengan menggunakan media kabel, teknologi pengisian baterai cepat atau yang biasa dikenal sebagai fast charging juga terus dikembangkan...

Oppo TV S1 dan TV R1, Televisi Pintar Pertama Dibekali Kamera Pop Up

Technologue.id, Jakarta - Oppo memutuskan untuk ikut terjun ke dunia smart TV setelah sukses di dunia smartphone. Tahun 2020 menjadi bukti keseriusan...

Related Stories