Tunda Rilis iPhone, Apple Terima ‘Azab’

CEO Apple, Tim Cook (source: Apple)

Technologue.id, Jakarta – Sebagai salah satu produsen gadget tersukses di dunia, Apple ternyata sangat tergantung kepada salah satu produknya, yaitu iPhone. Raksasa yang bermarkas di Cupertino itu terbukti telah menerima dampak dari ditundanya perilisan iPhone terbaru.

Dari penjelasan Eweek (02/05/17), dalam tiga bulan pertama tahun 2017, Apple cuma meraup revenue sebesar Rp593 triliunan. Sangat besar memang, tetapi lebih rendah Rp13 triliunan dari prediksi Wall Street.

Sementara itu, iPhone yang laku cuma 50,76 juta unit, cenderung flat dibanding tahun lalu. Bahkan, jumlah itu lebih rendah dari prediksi penjualan sebelumnya yang ada di angka 51,4 juta unit.

Apa penyebabnya? Sang CEO dalam laporan keuangan per kuartal Apple menuangkan jawabannya yang ia klaim berdasarkan observasi dan data perusahaannya.

“Kami meyakini masyarakat tengah menunda membeli iPhone karena mereka terlalu sering mendengar informasi soal calon iPhone seri terbaru,” aku Tim Cook.

Lalu, seperti apa kontribusi teknologi Apple lainnya, seperti iPad dan Mac? Di tengah penjualan Apple yang datar, iPad dan Mac tak mampu menolong. Penjualan kedua perangkat itu pada Q1 2017 bahkan lebih sedikit daripada periode yang sama tahun lalu, tepatnya iPad merosot 12 persen dan Mac turun 0,01 persen.

Namun setidaknya, penghasilan per saham Apple naik 10 persen dari setahun lalu. Para pemegang saham Apple pun tak perlu kecewa berlarut-larut.

 

Baca juga:

Dagangan Laris Apple Tak Cuma iPhone, Ini Buktinya!

Q1 2017, Samsung dan Apple Kalah dengan Merek Tiongkok

iPhone 8 Tak Jadi Rilis Tahun Ini? Serius, Apple?