Tutorial Apa yang Paling Sering Dicari Orang Indonesia di Google?

Tutorial Apa yang Paling Sering Dicari Orang Indonesia di Google?
Ilustrasi Google (source: Pexels.com)

Technologue.id, Jakarta – Masyarakat Tanah Air di era sekarang sepertinya makin tak bisa berpisah dengan internet. Tak cuma urusan seperti bermedia sosial hingga belanja online, untuk mencari info tutorial di kehidupan sehari-hari pun netizen Indonesia bergantung ke Google.

Baca juga:

Vivo Jadi Rilis Ponsel yang Sensor Sidik Jarinya Tertanam di Layar?

Secara spesifik, berdasarkan big data-nya tentang tips memperbaiki hal-hal di dalam rumah, raksasa search engine itu menyatakan bahwa warganet Indonesia gemar mencari tahu cara memperbaiki pintu, kulkas, dan mesin cuci. Tiga topik tersebut, berada di atas rerata topik pencarian dunia.

Berbeda dengan cara memperbaiki lampu dan wastafel, dua topik pencarian tentang barang itu di Indonesia justru di bawah median global.

Baca juga:

Punya Dual-Camera, Begini Spesifikasi Mengagumkan Moto X4

Data yang diumbar Google News Labs tersebut juga menemukan hal-hal lainnya yang paling dicari netizen. Untuk urusan dapur, misalnya, cara membuat pancake adalah tutorial paling populer di mesin pencarian Google. Sedangkan soal percintaan, cara berciumanlah yang terpopuler, di atas cara agar bisa hamil.

Yang layak diapresiasi dari temuan Google yang cukup spesifik ini adalah data yang dihimpun tidak berdasarkan bahasa Inggris saja. Google tetap bisa mendeteksi bahasa lokal dan mengelompokkannya sesuai kategori pencarian, walaupun pemaparan datanya sendiri menggunakan bahasa Inggris.

Baca juga:

Oppo Dirikan Service Center Terbesar di Jabotabek, di Sini Lokasinya

Ya, dari sini, jelas sekali bahwa internet sudah jadi rujukan utama manusia untuk menyelesaikan banyak hal. Dulu, orang tua atau kakek-nenek Anda akan menanyakan bagaimana memperbaiki pintu atau memasak kepada orang-orang terdekatnya. Namun kini, Google seakan telah mampu menggantikan peran tersebut.

Semoga saja kemajuan teknologi bisa membuat manusia lebih baik ke depannya.