Technologue.id, Jakarta – Setelah digelar pada tanggal 3 Desember lalu, BRI Innovation Lab Program dengan tema Business Collaboration in Achieve Financial Integration mengumumkan The Best Collaboration Program of The Year pada Rabu (11/12/2019). Indonesia Mall bersama dengan Tokopedia dan Qoo10 didaulat sebagai peraih penghargaan tersebut.

Indra Utoyo, Direktur Digital, Teknologi Informasi dan Operasi BRI, mengatakan bisnis ketiganya membantu UMKM binaan BRI go digital. Sehingga Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) mampu memasarkan produk-produknya secara masif, tidak hanya di dalam negeri, tapi juga sampai ke luar negeri.

Melalui kolaborasi Indonesia Mall dan TokoCabang, UMKM binaan BRI mampu memenuhi pesanan melalui fasilitas gudang yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Hal ini memudahkan UMKM untuk memenuhi pesanannya. “Sedangkan kolaborasi dengan Qoo10 ini membantu UMKM indonesia mengekspor barangnya ke luar negeri,” tambahnya.

Menurut Indra, kolaborasi ini diambil karena BRI sadar tidak bisa mengerjakan sendiri. Ia mengatakan, “Ide ide hebat itu ada dimana mana, kalo kita andalkan semua dari dalam ya ga bisa juga karena terjebak dengan rutinitas kita, tidak bisa berfikir hal hal yang baru.”

“Kita apresiasi semua kreatifitas dan energi yang dikeluarkan untuk memberikan solusi masalah masalah bisnis dan sebagainya. Kehadiran kita harus memberikan manfaat bagi sesama dan bagi Indonesia,” ujarnya.

Sebanyak 100 peserta yang terdiri dari 40 pelaku start up, 10 pelaku e-commerxe partner Indonesia Mall dan 50 peserta daei internal BRI turut serta beradu ide potensi bisnis dan kerjasama yang kolaboratif dan inovatif serta elaboratif. Ide kolaborasi bisnis ini sebagai upaya mewujudkan BRI sebagai financial integrated solution pada tahun depan. 

Setelah melalui sejumlah tahapan, akhirnya terpilih 20 finalis start up dan BRI Group dengan ide dan proposal bisnis terbaik. Untuk mengapresiasi para pencetus ide-ide bisnis yang inovatif tersebut, pada 11 Desember digelar acara puncak BRI Innovation Lab di BRI Tower 1 Lantai 21, yang merupakan malam penghargaan kepada para finalis.

“Malam apresiasi ini kami persembahkan bagi para peserta ide bisnis kreatif yang akan bekerjasama menjadi rekan bisnis dengan BRI,” papar Indra. 

Rangkaian BRI Innovation Lab 2019 diikuti oleh 100 peserta yang terdiri dari 80 pelaku start up, dan 20 peserta dari divisi bisnis Bank BRI. Mereka turut serta beradu ide potensi bisnis dan kerjasama yang kolaboratif dan inovatif serta elaboratif. Ide kolaborasi bisnis ini sebagai upaya mewujudkan BRI sebagai financial integrated solution pada tahun mendatang.

“Kami berharap, acara ini dapat menghasilkan ide-ide baru dalam menjalin kerjasama antara BRI, BRI Group dan start up. Sebagai salah satu upaya untuk mewujudkan financial integrated solution dan inklusi keuangan, serta inklusi ekonomi di Indonesia,” tutup Indra.

Sebelumnya, para peserta BRI Innovation Lab Program telah mengikuti serangkaian kegiatan. Diantaranya, Business Matchmaking dan Business Pitching Idea antara BRI, BRI Group dan Industri Start up dengan output berupa proposal bisnis. Dalam program ini juga menghadirkan program Digital Talent Management untuk menghasilkan Product Manager yang bertalenta dan memiliki Digital Mindset.