Technologue.id, Jakarta : Sebuah isu menarik di industri teknologi muncul setelah sebuah pemberitaan NYpost (5/6/16). Media massa asal Amerika Serikat itu mengabarkan bahwa dua perusahaan raksasa dunia, Twitter dan Yahoo sedang dalam proses penjajakan.

Perusahaan internet yang bermula dari situs mesin pencarian disebutkan sudah menarik perhatian Twitter. Tak segan-segan, NYpostmelempar kabar soal rencana perusahaan berlogo burung biru itu bakalan meminang Yahoo.

Kabar ini bukan datang tanpa sebab. Rumor ini berawal dari pertemuan Jack Dorsey, CEO Twitter, dengan manajemen Yahoo beberapa pekan lalu. Narasumber yang dirahasiakan identitasnya itu mengatakan mereka mendiskusikan kans untuk merger.

Sejauh ini, kedua pihak masih bungkam. Namun, kans Twitter untuk mengakuisisi Yahoo sebenarnya cukup besar. Sebab, perusahaan internet itu sedang goyah dari segi keuangan. Salah satu buktinya, CEO Yahoo, Marissa Mayer, berencana memecat 1.700 pegawainya demi menyelamatkan keuangan perusahaan.

Di sisi lain, Twitter juga dipandang sebagai platform yang cocok untuk Yahoo. Alasannya, Twitter adalah tempatnya netizen mencari kabar dan berita instan atau yang sedang booming.

Selain Twitter, pihak lain yang berminat mengakuisisi Yahoo adalah portal berita raksasa The Daily Mail dan perusahaan telekomunikasi Amerika Serikat AT&T. Di samping itu, Warren Buffet sang miliuner asal Negeri Paman Sam juga sempat menyatakan tertarik membeli Yahoo.