UC Browser Dilaporkan Lacak Data Pengguna

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Aplikasi UC Browser ternyata melacak kebiasaan para penggunanya. Hal ini diungkap oleh peneliti keamanan siber bernama Gabi Cirlig.

Cirlig menyebut pelacakan terjadi baik di UC Browser Android dan juga iOS. Pelacakan bahkan dilakukan meski pengguna sedang dalam mode incognito atau penyamaran.

Baca Juga:

Viral, 279 Juta Data Penduduk Indonesia Dijual di Forum Hacker


“Selain melakukan pelacakan, aplikasi juga merekam history para penggunanya. Hasil rekaman lantas dikirim ke server perusahaan,” dikutip dari Apple Insider, Kamis (3/6/2021).

Cirlig menyebut apa yang dilakukan UC Browser sangat berbeda dengan Chrome. Ia mengatakan bahwa Chrome tidak pernah mengumpulkan informasi penggunanya.

Baca Juga:

Kacau, Data Pribadi Mark Zuckerberg Bocor


“Chrome tidak mengumpulkan riwayat penelusuran, cookie dan data situs, ataupun informasi yang dimasukkan pengguna saat mengisi formulir online,” ujarnya.

Untuk diketahui, UC Browser sendiri sudah diunduh lebih dari 500 juta kali di Android. Bisa dibayangkan berapa banyak data pengguna yang telah dikirim ke server perusahaan.

- Advertisement -

Latest News

Facebook Temukan Cara Identifikasi Konten Deepfake

Technologue.id, Jakarta - Facebook sukses menemukan cara untuk mengidentifikasi deepfake. Ini dilakukan dengan menggunkan software artificial intelligence (AI). Dilansir...

Peneliti Temukan Malware Baik Hati

Technologue.id, Jakarta - Laporan terbaru dari BleepingComputer dan SophosLab menyebut ada malware unik ditemukan. Berbeda dari malware kebanyakan, malware...

Vivo V21 Siap Rilis di Indonesia, Unggulkan Kamera Selfie 44MP

Technologue.id, Jakarta - Vivo V21 segera melantai di Indonesia. Peluncuran produk terbaru V-Series tersebut akan berlangsung pada tanggal 22 Juni 2021 mendatang.

Viral Gajah Dipaksa Kerja Tarik Kayu, Netizen: Dzalim!

Technologue.id, Jakarta - Video gajah yang bekerja keras menarik potongan kayu viral di media sosial. Video tersebut diunggah dibanyak akun, salah satunya...

Nokia Ramai Dibahas Netizen Twitter

Technologue.id, Jakarta - Nokia mendadak ramai dibicarakan oleh para netizen Twitter . Hal ini lantaran tersebarnya meme berbunyi "Apa merk hp lo...

Related Stories