Technologue.id, Jakarta – Google selama ini dikenal sebagai perusahaan teknologi yang sukses. Meski begitu, ada beberapa prouk yang akhirnya harus dipensiunkan, seperti Google Talk, dan Google+. Dan kini, Google Allo.

Mengutip dari TheVerge (12/03/19), melalui website resmi Google Allo, per tanggal 12 Maret 2019 kemarin, mereka menyatakan bahwa hari itu adalah hari terakhir layanannya beroperasi. Setelah itu, pengguna Google Allo tak lagi bisa menggunakan aplikasi tersebut untuk mengirim pesan.

“Kami mengucapkan selamat tinggal untuk Allo pada Maret 2019. Selama kami bersama (Google), kami membawa Anda merasakan aplikasi chat yang lebih cerdas, seperti terintegrasi dengan Google Assistant dan stiker selfie”, pernyataan pada website resmi Google Allo.

Walaupun tak lagi beroperasi, pengguna Google Allo masih diizinkan untuk membuka aplikasi tersebut untuk melakukan backup pada history chat dan berbagai percakapan penting lainnya.

- Advertisement -

Hingga saat ini belum jelas apakah nantinya Google akan menyiapkan pengganti layanan Allo. Namun yang pasti, mereka saat ini tengah mengembangkan beberapa fitur perpesanan pada aplikasi Android Message. Beberapa fiturnya adalah smart reply dan dukungan penggunaan pada platform desktop.