Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Uji Jaringan Jalur Mudik Trans Jawa (Jakarta-Yogyakarta) Ramadan 2023
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Tradisi mudik jelang Hari Raya Idul Fitri 2023 akan menjadi momen paling dinanti untuk berkumpul, bertemu, dan bersilaturahmi dengan keluarga di kampung halaman.

Kelancaran perjalanan mudik salah satunya didukung oleh kesiapan fasilitas telekomunikasi. Bila sinyal ponsel lelet, pemudik tidak akan bisa mengakses internet secara maksimal sepanjang perjalanan. Padahal mereka biasa memanfaatkan internet untuk saling kirim pesan WhatsApp, memantau peta digital, streaming video hingga bermain game online untuk menghilangkan rasa jenuh di perjalanan.

Tim Technologue.id berkesempatan melakukan uji jaringan dari Jakarta ke Yogyakarta untuk memeriksa kesiapan jaringan telekomunikasi jelang Ramadan 2023 dari tiga operator utama di Indonesia yaitu Telkomsel, Indosat Ooredoo Hutchison, dan XL Axiata. Uji kecepatan internet ini menggunakan tiga smartphone flagship Asus ROG Phone 6 berbeda.

Lalu untuk menguji kinerja jaringan, tim redaksi Technologue.id menggunakan aplikasi nPerf dan Speedtest by Ookla yang dapat diunduh di Google Play Store. Dalam instrumen pengujian tersebut, ada beberapa hal yang dites oleh nPerf seperti kecepatan download, upload, tes browsing, hingga tes streaming.

Sementara itu, paket data yang dipakai diantaranya Telkomsel Paket Giganet 30GB, XL Xtra Combo Plus VIP 13GB, dan Indosat Freedom Internet 24GB.

Tes tersebut telah dilakukan ke berbagai daerah, yaitu di titik perjalanan mudik seperti ruas tol Trans Jawa, rest area, stasiun, hingga destinasi wisata di Yogyakarta yang ramai dikunjungi wisatawan saat Lebaran.

Berikut hasil Drive Test Mobile Network Lebaran 2023 dari tim Technologue.id:

Prev Next Page 1 of 2
SHARE:

Microsoft Tunda Peluncuran Fitur Recall AI yang Kontroversial

Harga Rp2 Jutaan, Perbandingan Spek ZTE Nubia Neo 2 5G vs Tecno Pova 6