Technologue.id, Jakarta – Dampak bencana gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah masih dirasakan oleh masyarakat di sana. Banyak sekolah yang rusak dan kegiatan belajar mengajar pun terganggu di lokasi tersebut, sementara proses pemulihan masih terus berlangsung. Dalam rangka memperingati ulang tahun AMD ke-50 di dunia teknologi, AMD pun menggelar program #AMDCare. Di Sulawesi Tengah, AMD melakukan program donasi berupa perangkat komputer dan program pelatihan bagi para guru dan tenaga admin.

Baca juga:

Startup Easycash Sumbangkan Rp200 Juta untuk Korban Gempa Palu

Totalnya ada 1000 anak yang dilayani oleh tujuh sekolah yang terletak di Palu, Sigi dan Donggala tersebut. Dalam penyaluran sumbangan, AMD Indonesia menggandeng lembaga kemanusiaan Wahana Visi Indonesia yang juga memiliki kantor di Sulawesi Tengah. Bantuan perangkat komputer juga diberikan kepada Disaster Recovery Center yang bernaung di bawah Wahana Visi Indonesia demi memperlancar kegiatan mereka. Ketika bencana terjadi, kantor Wahana Visi Indonesia di Sulawesi Tengah memang termasuk yang terkena dampak musibah tersebut.

Ryan Sim, Director Sales and Marketing AMD ASEAN (Endah/Technologue.id)
Ryan Sim, Director Sales and Marketing AMD ASEAN (Endah/Technologue.id)
- Advertisement -

“Kami memahami masa-masa sulit masyarakat di Palu, Sigi dan Donggala sejak terjadinya gempa dan tsunami tahun 2018. Demi meningkatkan produktivitas dan pelayanan bagi anak didik, kami ingin berkontribusi membantu sekolah sebagai pihak penyelenggara pendidikan,” ucap Ryan Sim, Director Sales and Marketing AMD ASEAN.

Baca juga:

5 Raksasa Teknologi yang Berdonasi untuk Palu dan Donggala

Pada bencana yang terjadi September 2018 di Sulawesi tengah tersebut, sekitar 2.700 gedung sekolah rusak dan 839 terkena imbasnya. Program donasi dari AMD akan memberikan manfaat bagi lebih dari 500 siswa dan 14 guru sekolah. Pada April 2019 sejumlah 30 perangkat komputer yang lengkap telah didistribusikan ke penerima manfaat di Palu, Sigi dan Donggala. Perangkat komputer tersebut menggunakan prosesor AMD Athlon 200GE yang efisien dan hemat daya, yang tentunya memadai untuk kebutuhan sekolah. Komponen komputer lainnya mencakup motherboard A320, RAM 8 GB Dual Channel, SSD 256 GB dan monitor HDMI 20 inci.

Baca juga:

Xiaomi Salurkan Bantuan ke Pengungsi Gempa Palu

Dokumentasi Program Pelatihan Guru di Wilayah Bencana (Endah/Technologue.id)
Dokumentasi Program Pelatihan Guru di Wilayah Bencana (Endah/Technologue.id)

Sementara itu penyelenggaraan program pelatihan bagi guru dan tenaga admin sekolah akan dilakukan oleh Wahana Visi Utama. Lembaga tersebut juga akan melakukan monitoring agar perangkat yang diberikan dapat dipakai maksimal dan berkelanjutan.
Donasi atau AMD peduli untuk Sulawesi Tengah ini diselenggarakan dalam rangka memperingati hari jadi AMD ke-50, tepatnya 1 Mei 1969. AMD berharap donasi di wilayah Palu, Sigi dan Donggala yang mengalami bencana tersebut membantu proses belajar mengajar.