Technologue.id, Jakarta – Lahirnya Galaxy S7 Edge di ajang MWC 2016 Februari lalu ternyata membawa banyak berkah. Handset 5,5 inci itu kini diakui sebagai smartphone paling laris sejauh kalender 2016 berjalan. Bahkan, popularitas Galaxy S7 Edge melebihi saudara kandungnya, Galaxy S7 orisinal. Sebab, tak bisa dipungkiri, desain layar lengkung S7 Edge begitu memikat sekaligus mampu memudahkan user-nya.

Kebetulan, kali ini redaksi berkesempatan menyingkap langsung Galaxy S7 Edge dari dalam boksnya.

Ponsel yang secara kasat tak memiliki perbedaan mencolok dengan Galaxy S6 Edge, kecuali layarnya yang selisih 0,4 inci, ini setelah dipegang langsung ternyata begitu menawan. Sudutnya yang tidak kaku plus layarnya yang ‘meluap’ di kedua sisinya membuat kebanyakan ponsel saat ini tampak jadul.

Di bagian depan, ada tombol home fisik yang diapit oleh tombol kapasitif untuk menampilkan aplikasi serta tombol back. Perlu diketahui, tombol home Galaxy S7 ini bukan sembarang tombol, karena di dalamnya telah ditanami pemindai sidik jari. Saat dicoba, fingerprint sensor itu bekerja sangat baik dan cepat. Pengaturannya pun cukup mudah dan bisa dilangsungkan sejak awal menyalakan ponsel. Di bagian atas, ada kamera selfie beresolusi 5MP, lampu notifikasi, plus speaker.

Samsung Galaxy S7 Edge (source: Technologue.id)
Samsung Galaxy S7 Edge (eksklusif Technologue.id)
- Advertisement -

Sementara layar Super AMOLED berbalut Corning Gorilla Glass 4-nya juga mantap dalam menampilkan gambar. Tak terlalu mengherankan pula, selain mendukung resolusi 1440 x 2560 piksel, kerapatannya mencapai 534 ppi.

Pinggiran bodinya yang terbuat dari metal seperti pendahulunya pun membuat penampilannya kian elegan. Di bagian atas, ada microphone dan slot kartu SIM nano dan/atau kartu microSD. Sedang di bawah, ada speaker, microphone lain, juga port microUSB. Lalu, di rim itu pulalah berada tombol volume up dan down di sebelah kiri serta tombol power atau lock di sisi berlawanannya.

Bodi belakangnya rapi; hanya ada kamera utama 12MP dengan aperture f/1,7, LED flash, monitor detak jantung, serta logo Samsung. Materialnya yang terbuat dari kaca juga membuatnya cukup nyaman digenggam. Sumber dayanya dipercayakan pada baterai Li-Ion 3.600mAh, tetapi Anda tak bisa asal mencopot atau menggantinya begitu saja karena sifatnya non-removable.

Samsung Galaxy S7 Edge (Eksklusif Technologue.id)
Samsung Galaxy S7 Edge (eksklusif Technologue.id)

Jeroan Galaxy S7 Edge terbilang garang, dengan prosesor Exynos 8890 octa-core, RAM 4GB, dan OS Android 6.0 Marshmallow. Kebetulan, perangkat yang redaksi terima adalah versi dengan ROM 32GB.

Tiap pembelian Galaxy S7 Edge yang berkisar di angka Rp 10 jutaan, Anda berhak mendapatkan adaptor plus charger, USB OTG, earphone, dan pastinya buku panduan singkat beserta kartu garansi.

Samsung Galaxy S7 Edge (source: Technologue.id)
Samsung Galaxy S7 Edge (eksklusif Technologue.id)

 

Baca juga:

GALAXY S7 DAN S7 EDGE LARIS, SAMSUNG PUAS

SAMSUNG GALAXY NOTE 7 VS GALAXY S7 EDGE, SERUPA TAPI BEDA

SAMSUNG GALAXY NOTE 7 BAKAL SAMBANGI INDONESIA?