Uni Emirat Arab Sukses Luncurkan Roket Ke Mars

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Uni Emirat Arab (UAE) berhasil meluncurkan roket bernama “Al-Amal” atau “Hope” pada Senin (20/7/2020). Roket yang diluncurkan dari Pusat Antariksa Tanegashima di Jepang itu melesat menembus atmosfer bumi lalu kemudian menuju Mars.

Dilansir dari The Verge, Al-Amal yang merupakan roket tanpa awak ini nantinya akan mengamati lebih dekat planet yang kerap dijuluki sebagai Planet Merah tersebut. Misi utama yang harus dijalankan adalah mencari gambaran terkait dinamika cuaca di Mars.

Baca Juga:

Roket Starship SN1 Meledak Saat Uji Coba

Yousef Al Otaiba selaku Duta besar Uni Emirat Arab untuk Amerika Serikat mengaku terharu akan suksesnya peluncuran Al-Amal. Ia menyebut proyek yang selama ini dikerjakan bersama akhirnya terbayar sudah.

“Enam tahun lalu hanya sebuah konsep, hanya sebuah ide, kini terbang ke luar angkasa dengan baik dalam perjalanan ke planet lain. Ini adalah pencapaian besar bagi UEA. Tapi perlu diingat ini hanyalah permulaan,” ujarnya.

Al-Amal akan menempuh perjalanan selama tujuh bulan untuk mengorbit di Mars. Sepanjang perjalanan, Al-Amal akan membentangkan dua panel Surya untuk mengumpulkan daya.

Baca Juga:

Buktikan Bumi Datar, Mike Hughes Tewas di Roket Buatan Sendiri

Para ilmuan akan terus mengawasi pergerakan roket ini sampai benar-benar berada di titik terdekat planet tersebut. Mereka juga akan memastikan Al-Amal dalam kondisi baik.

Al-Amal sendiri sebenarnya dijadwalkan meluncur lada 14 Juli lalu. Namun peluncuran sempat terkendala lantaran kondisi cuaca yang buruk di lokasi peluncuran.

- Advertisement -

Latest News

Related Stories