Unik! Di Restoran Ini, Anda Bisa Bayar Makan dengan “Senyuman”

Unik! Di Restoran Ini, Anda Bisa Bayar Makan dengan
Sistem pembayaran baru Alipay (source: SCMP.com)

Technologue.id, Jakarta – Dewasa ini, telah dihadirkan inovasi pembayaran cashless, contohnya tap-to-pay service seperti Apple Pay, Android Pay, dan Samsung Pay. Namun ternyata, Alibaba punya cara tersendiri yang menurut mereka lebih ringkas dari tiga layanan di atas.

Menukil SCMP (03/09/17), Alibaba melalui sistem pembayaran mobile-nya, Alipay, telah meluncurkan layanan berbasis facial recognition. Yang unik, Anda hanya perlu tersenyum pada kamera yang disiapkan secara khusus. Baru kemudian Anda bisa memverifikasi transaksi tersebut melalui smartphone Anda.

Baca juga:

Kenapa Nge-charge Pakai Port USB di Dashboard Mobil Itu Percuma?

Salah satu restoran cepat saji di Hangzhou, China, sudah mengadopsi teknologi tersebut. Alhasil, tiap transaksi dapat diproses tanpa perlu memasukkan PIN atau mendekatkan ponsel ke NFC reader layaknya yang diharuskan Apple, Google, dan Samsung dalam layanan mobile payment-nya.

Sistem yang dinamai Smile to Pay ini disebut tak dapat diakali oleh foto atau trik lainnya. Soalnya, layanan ini menggunakan kamera yang mampu memindai secara mendalam untuk memastikan bahwa wajah yang di-scan benar-benar wajah user terdaftar yang sah.

Baca juga:

Huawei Resmikan Prosesor Mobile yang Mampu Dukung AI, Apa Hebatnya?

Di samping itu, sistem ini diklaim mampu mengidentifikasi user walaupun mereka “menyamar”, misalnya dengan menggunakan makeup atau rambut palsu. Untuk wajah yang sekilas mirip pun Alipay bisa mengantisipasinya agar tidak tertukar.

Baca juga:

Tahukah Anda Kalau Mark Zuckerberg Punya “Kekuatan Super”?

Kira-kira, kapan ya layanan ini diterapkan di Indonesia?