Technologue.id, Jakarta – Kelahiran cucu ketiga Presiden Joko Widodo yang diberi nama ‘La Lembah Manah’ mendapat respon dari masyarakat. Keluarga Jokowi mendapat banyak pujian karena unsur nama kearifan lokal untuk cucu-cucu mereka dengan makna mendalam.

Seperti sang kakak, Jan Ethes, anak kedua Gibran juga diberi nama yang berasal dari bahasa Jawa.

La Lembah Manah mengandung makna yang mendalam. Inilah arti namanya, “Manah” berarti hati atau perasaan, sementara “Lembah Manah” adalah ungkapan yang menggambarkan seseorang berhati lembut.

Sementara nama “La” di bagian depan, menurut Gibran Rakabuming Raka, sang ayah, merupakan sebuah singkatan. Kepanjangannya adalah “lembut anakku, luwes anakku, lomo anakku”. Jika diartikan ke bahasa Indonesia menjadi “anakku lembut, elok, dan dermawan”.

Nama La Lembah Manah pun menjadi trending topic di Twitter Indonesia. Ribuan warganet menyanjung pemberian nama yang dinilai sarat makna tersebut. Bukan hanya ini saja, keluarga Presiden Jokowi memang kerap menggunakan nama-nama khas Jawa yang jarang dipakai kebanyakan orang.

Berikut penilaian dari warganet:

Presiden Jokowi sendiri telah mengumumkan resmi nama cucu perempuan keduanya melalui akun resmi miliknya di Twitter. Dalam postingan itu, Ia juga menyampaikan doa supaya La Lembah Manah tumbuh menjadi anak yang baik, sehat, dan berbakti.