Home Headline Unjuk Gigi Mobil Otonom di Olimpiade Tokyo 2020

Unjuk Gigi Mobil Otonom di Olimpiade Tokyo 2020

Technologue.id, Jakarta – Salah satu fasilitas yang disediakan selama pagelaran Olimpiade Tokyo 2020 adalah kendaraan otonom.

Toyota sebagai salah satu sponsor resmi Olimpiade Tokyo 2020 menerjunkan beragam kendaraan yang dimilikinya. PKendaraan tersebut digunakan untuk mobilisasi atlet dan juga suporting cabang olah raga tertentu.

Baca Juga:
Deretan Inovasi Teknologi di Olimpiade Tokyo

Total ada 3.700 unit kendaraan Toyota yang disiapkan, dan sebagian besar di antaranya adalah kendaraan ramah lingkungan.

Dalam ajang olahraga global itu Toyota sekaligus menunjukan beragam teknologi mobil listrik yang mereka miliki, mulai dari hybrid, plug-in hybrid, bahan bakar hidrogen sampai battery electic vehicle.

Salah satu kendaraan yang menarik perhatian adalah e-Pallete.

e-Pallete merupakan mobil listrik yang digunakan untuk mobilitas di kampung atlet. Mobil listrik otonom ini bisa membawa 20 orang sekaligus.

e-Pallete juga memiliki lantai yang rendah sehingga memudahkan kaum lansia dan pengguna kursi roda untuk naik ke kabin dan duduk di kursi yang memanjang ke belakang.

Baca Juga:
Viral Kasur Olimpiade Tokyo 2020, Terbuat dari Kardus

Sistem manajemen operasional Toyota e-Palette menggunakan konsep Toyota Production System (TPS), terdiri dari Sistem Manajemen Mobilitas Otonom (AMMS) dan Platform Penugasan Otonom e-Palette (e-TAP).

Pintu besar di samping akan terbuka lebar saat Toyota e-Palette berhenti. Lebih dari separuh udara dalam kendaraan akan bersirkulasi. Juga dipasang lapisan antivirus serta film untuk seluruh permukaan yang disentuh pengguna. Inilah bagian dari proteksi untuk mencegah penyebaran COVID-19.