HomeInternete-CommerceUpaya Google Lindungi UMKM dari Ancaman Siber

Upaya Google Lindungi UMKM dari Ancaman Siber

Technologue.id, Jakarta – Pandemi COVID-19 mendorong kita beralih ke digital, termasuk untuk berjualan, yang tidak hanya memberikan manfaat positif tetapi juga menimbulkan resiko baru terkait keamanan online.

Ryan Rahardjo, Kepala Hubungan Publik Asia Tenggara, Google, menyampaikan bahwa sistem keamanan Google sendiri mampu mendeteksi berbagai jenis resiko keamanan online terbaru, seperti email phishing yang mengecoh pengguna.

Baca Juga:
Google Pangkas Fee dari Pengembang Aplikasi

Untuk melindungi pengguna, termasuk pelaku UMKM, dari resiko ini, raksasa teknologi itu telah membangun beberapa sistem proteksi keamanan canggih yang secara otomatis dapat mendeteksi dan mencegah ancaman lebih dini.

“Model machine learning yang kami punya bisa mendeteksi dan memblokir 99,9% spamming, phishing, dan malware. Hal ini dilakukan untuk memastikan keamanan digital yang mumpuni. Literasi keamanan siber sangat penting dilakukan agar para pelaku UMKM dapat terhindar dari beragam kejahatan siber yang dapat merugikan usaha mereka di ranah digital,” ujar Ryan dalam sesi konferensi pers online, Selasa (26/10/2021).

Sementara itu, Hinsa Siburian, Kepala Badan Siber dan Sandi Negara, Republik Indonesia, menjelaskan bahwa semakin tinggi tingkat pemanfaatan teknologi informasi, berbanding lurus terhadap resiko keamanannya, yang tak luput bagi pelaku UMKM yang telah memanfaatkan ruang siber seperti media sosial, website, maupun marketplace dalam menjalankan usahanya.

“BSSN berperan dalam mengembangkan sektor ekonomi digital, khususnya kepada para pelaku UMKM untuk meminimalisir ancaman siber, diantaranya adalah penyusunan kebijakan atau pedoman sebagai rujukan regulasi dalam hal keamanan informasi dan perlindungan ekosistem untuk keamanan informasi ekonomi digital,” ungkapnya.

Baca Juga:
Lowongan Kerja Google Indonesia November 2021, Buruan Daftar

Selain dari sisi teknologi, Google juga memberikan edukasi soal keamanan siber bagi pelaku usaha. Google menyelenggarakan seri pelatihan berjudul Keamanan Siber untuk UMKM untuk mendukung memajukan UMKM Indonesia melalui peningkatan keamanan siber.

Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat membangun pemahaman terhadap tantangan dan peluang yang dihadapi Indonesia dalam meningkatkan keamanan siber serta memberikan solusi guna membantu pelaku UMKM Indonesia untuk menggunakan internet secara lebih aman.

- Advertisement -

Berita Lainnya

See More