Update Terbaru Google Photos Berpotensi Rugikan User, Kok Bisa?

Update Terbaru Google Photos Berpotensi Rugikan User, Kok Bisa?
Google Photos (source: Play Store / Google)

Technologue.id, Jakarta – Mei 2015 silam, Google melahirkan sebuah inovasi baru, yakni Photos. Platform photo sharing sekaligus penyimpanan cloud itu dihadirkan untuk membantu user melegakan memori internal gawainya karena Google Photos mempersilakan penggunanya untuk menyimpan foto beresolusi hingga 16MP dan video 1080p alias HD.

Sejauh ini, aplikasi itu tampak cukup diminati. Buktinya, Mei 2017 atau tepat dua tahun rilis, Photos sudah punya 500 juta user. Di Android sendiri yang notabene OS karya Google, Photos telah diunduh lebih dari 1 juta kali saat ini.

Baca juga:

Banyak Orang Cari Teman Kencan, Kantong Tinder Kian Tebal

Nah, awal September 2017, Photos telah mendapat pembaruan, yakni peningkatan performa – begitu kata Google. Di versi terbarunya, menukil GSMArena (02/09/17), Photos akan menyimpan cache dari video yang Anda putar secara online.

Fitur ini amat bermanfaat untuk menghemat kuota, karena video yang telah Anda putar cache-nya tersimpan di gadget. Akan tetapi, di sisi lain, update ini justru membawa satu kerugian, yaitu mengonsumsi memori internal di perangat Anda.

Baca juga:

Sebal dengan Member Resek di Grup Facebook? Lakukan Ini Saja!

Tentunya, ini menjadi paradoks. Photos hadir untuk melegakan onboard storage Anda, tetapi dengan menyimpan cache video, Photos malah berinisiatif untuk memenuhi memori gawai Anda.

Membersihkan cache di smartphone pada dasarnya cukup mudah dan bisa dilakukan menggunakan aplikasi dari pihak ketiga maupun tidak. Namun sekiranya Photos ingin lebih memudahkan user, mungkin pada update selanjutnya opsi clear cache bisa dihadirkan di dalam aplikasi.

Baca juga:

Bersiaplah, Xiaomi Mi 7 Akan Tiba Lebih Awal!

Walau begitu, jika update ini dirasa malah membantu Anda, silakan update saja Photos dari toko resmi yang disediakan sistem operasi yang ada di gadget Anda.