Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Video YouTube Shorts Bisa Dimonetisasi Mulai 1 Februari Mendatang
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Pihak YouTube akan mulai menerapkan monetisasi untuk video YouTube Shorts pada 1 Februari mendatang.

Para kreator yang telah mendapatkan uang dari program Mitra YouTube harus menandatangani kontrak perjanjian paling lambat 1 Juli 2023 agar dapat melanjutkan monetisasi.

Baca Juga:
Pelanggan XL Axiata Bisa Akses YouTube Shorts Cuma Rp1

Isi perjanjian tersebut mencakup kebijakan monetisasi untuk video durasi panjang. Kreator yang mendaftar ke modul perjanjian tersebut akan dapat memperoleh uang dari video yang ditonton di situs web maupun aplikasi YouTube serta konten yang disematkan pihak ketiga.

Monetisasi ini didapatkan melalui iklan atau YouTube Premium dan berlaku untuk video Shorts yang telah memenuhi syarat setelah tanggal perjanjian. Untuk video Shorts yang diupload sebelum tanggal perjanjian maka tidak dapat diuangkan.

Baca Juga:
YouTube Shorts Rilis Fitur Voice Over, Contek TikTok?

Syarat video Shorts yang dimaksud termasuk originalitas video, klip yang belum diedit dari cuplikan film atau acara TV, kompilasi video tanpa menyertakan konten aslinya, dan penggunaan musik berlisensi.

Untuk channel yang tidak menandatangani kontrak hingga Juli mendatang akan dihapus dari seluruh program monetisasi yang ada. Untuk dapat melanjutkan monetisasi, diperlukan kualifikasi ulang kepada channel mitra tersebut.

SHARE:

Microsoft Tunda Peluncuran Fitur Recall AI yang Kontroversial

Harga Rp2 Jutaan, Perbandingan Spek ZTE Nubia Neo 2 5G vs Tecno Pova 6