Vincent dan Desta Masuk Scene Film Iron Man

Technologue.id, Jakarta – Video deepfake sejumlah artis Indonesia viral di internet baru-baru ini. Video yang dibuat dengan Artificial Intelligence (kecerdasan buatan) yang canggih itu menampilkan Vincent, Desta, Hesti, dan Enzi berada di scene Iron Man 2.

Dalam video tersebut, tampak Vincent bertransformasi sebagai Tony Stark yang sedang berlatih tinju dengan Desta yang merupakan jelmaan Happy, asisten Stark. Di saat bersamaan tampak Enzy yang menggantikan Black Widow dan juga Hesti sebagai Pepper Potts.

Manipulasi wajah yang disuguhkan begitu halus meskipun terdapat beberapa kebocoran kecil. Video yang diunggah di platform YouTube ini bahkan mendapat acungan jempol lebih dari 40 ribu pengguna.

Baca Juga:

Video Deepfake Mark Zuckerberg Ungkap Rahasia Dibalik Facebook?

Nyong Gandrong, selaku pembuat dan publisher video tersebut dalam deskripsi video mengaku menghabiskan waktu 3 minggu untuk membuatnya. Ia menyebut terdapat sejumlah kesulitan mulai dari gerakan, lighting, hingga arah pandang.

Lebih lanjut dikatakan butuh 35.000 wajah yang disorting secara manual satu persatu sampai tersisa 4000 wajah untuk bisa menyelesaikan video unik berdurasi hampir 3 menit itu.

“Masih iseng, lanjut ke cast TonightShow. Tidak ada keuntungan apapun yang didapat dalam video ini karena dianggap melanggar copyright. Kalau mau support, subscribe sama share aja,” ujarnya.

Baca Juga:

Aplikasi Tik Tok Sematkan Teknologi Manipulasi Wajah?

Deepfake sendiri merupakan kemampuan untuk menimpa muka seseorang dengan muka lain yang juga bergerak mengikuti ekspresi aslinya dengan proses kecerdasan buatan. Kecerdasan buatan yang digunakan untuk melakukan proses ini berbasis dari teknik Human Image Synthesis atau meniru gambar manusia yang biasa digunakan di dalam film.

Sayangnya, terdapat resiko yang terkandung dalam teknologi ini. Layaknya pisau bermata dua, deepfake dapat digunakan untuk merusak reputasi seorang dengan membuat seakan mengucapkan atau melakukan sesuatu yang sebenarnya tidak pernah benar-benar terjadi.

Recent Articles

Ini Cara Google Dukung Pembelajaran Jarak Jauh

Technologue.id, Jakarta - Di masa pandemi virus Covid-19 ini, banyak proses bisnis yang berubah termasuk dalam industri pendidikan. Para siswa maupun guru...

Galaxy Note20 Series, Perangkat Tepat Tuangkan Passion-mu

Technologue.id, Jakarta - Kemampuan Samsung Galaxy Note20 Series dalam mengakomodir berbagai kebutuhan pengguna tidak perlu diragukan lagi. Spesifikasi mumpuni serta beragam fitur...

Tren WFH Dorong Penjualan Monitor Gaming AOC

Technologue.id, Jakarta - Kondisi pandemi akibat penyebaran virus COVID-19 saat ini bukan hambatan bagi penjualan monitor gaming. Brand AOC mengungkap penjualan monitor...

Cek Deh, Ini 7 Alasan Kenapa Harus Upgrade Galaxy Note10+ ke Galaxy Note20 Ultra

Technologue.id, Jakarta - Kehadiran duo Samsung Galaxy Note20 Series menjadi smartphone flagship paling ditunggu. Pasalnya baik Galaxy Note20 maupun Galaxy Note20 Ultra...

Rayakan Satu Semester, Arknights Helat Event Ancient Forge

Technologue.id, Jakarta - Game menara pertahanan Yostar Limited yang makin populer, Arknights, kini telah mencapai usia satu semester. Suatu momen yang sering dirayakan...

Related Stories