Viral, “Surat Cinta” Eiger kepada YouTuber

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – “Surat keberatan” yang dilayangkan oleh PT Eigerindo Multi Produk Industri yang merupakan pemegang merek produk perlengkapan outdoor buatan Indonesia, kepada seorang YouTuber menjadi viral di media sosial.

Surat ini diunggah oleh YouTuber Duniadian pada Twitter Dian Widiyanarko, Kamis (28/1/2021) yang berisikan keberatan atas konten yang disajikan Dian mengenai ulasan produk kacamata Eiger. Konten YouTube yang dipermasalahkan berjudul “Review Kacamata Eiger Kerato | Cocok Jadi Kacamata Sepeda” diunggah pada 31 Agustus 2020.

Kurang dari satu bulan video tersebut tayang, Eiger lalu mengirimi Dian surat keluhannya pada 23 Desember 2020 dari HGCA dan Legal General Manager bernama Hendra. Namun dirinya menjelaskan bahwa baru menerima email tersebut pada 28 Januari 2021 pukul 14.03 WIB.

Dalam surat tersebut, pihak Eiger mengajukann tiga keberatan atas video buatan duniadian yang menganggap kualitas video kurang baik.

Berikut kutipan keberatan Eiger yang disebutkan dalam surat itu:

  1. Kualitas video review produk yang kurang bagus dari segi pengambilan video yang dapat menyebabkan produk kami terlihat berbeda baik dari segi warna, bahan dan detail aksesoris menjadi terlihat kurang jelas.
  2. Adanya suara di luar video utama yang dapat mengganggu (noise) sehingga informasi tidak jelas bagi konsumen.
  3. Setting lokasi yang kurang proper bagi pengambilan video.

Selain itu, pihak Eigerindo MPI juga meminta Dian untuk menghapus video review tersebut. Akan tetapi, Dian menegaskan, ia tak akan menghapus kontennya karena merasa tak ada yang salah dengan apa yang dilakukannya.

Dian mengaku bahwa produk tersebut adalah ulasan produk tanpa ikatan kerja sama alias atas inisiatif dan uang sendiri.

Dengan peristiwa ini, Dian memutuskan untuk tidak akan membeli produk merek Eiger dan tidak akan me-review kembali produk-produk Eiger.

“Mulai hari ini saya tidak akan beli produk anda lagi dan tidak akan mereview di channel saya lagi. Biar hanya youtuber bintang lima dengan alat canggih saja yang mereview produk anda,” tandasnya.

Di sisi lain, bukan hanya Dian yang pernah mendapat “surat cinta” dari pihak Eiger. Seorang pelanggan yang menggunggah video review sejenis juga mendapat teguran dari perusahaan. Saat itu, akun pengguna bernama @mfahmifath sedang menjajal jam tangan Eiger Riding Vanquish 2020.

- Advertisement -

Latest News

Sennheiser Jual Divisi Consumer Audio

Technologue.id, Jakarta - Produsen audio asal Jerman, Sennheiser, telah menjual divisi Consumer Electronics-nya akibat kesulitan bersaing di ranah consumer audio. Perusahaan yang...

Gangguan Layanan Telekomunikasi Jayapura Pulih Bertahap

Technologue.id, Jakarta - Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyatakan pemulihan gangguan layanan telekomunikasi di Jayapura berlangsung bertahap.

Asus Luncurkan Zenfone 8 dan Zenfone 8 Flip

Technologue.id, Jakarta - Asus resmi merilis generasi smartphone flagship terbarunya yakni Zenfone 8 dalam acara yang dihelat virtual, Kamis (13/5/2021).

Tips Tetap Stylish Sambut Lebaran Virtual

Technologue.id, Jakarta - Antusiasme masyarakat untuk tetap tampil bergaya dalam menyambut Lebaran tetap meningkat walau masih dalam situasi pandemi.

Lebaran, THR Ramai Dicuitkan Netizen

Technologue.id, Jakarta - Hari Raya Idul Fitri 1442 jatuh pada hari ini, Kamis (13/5/2021). Seperti biasa, tradisi berbagi Tunjangan Hari Raya (THR)...

Related Stories