Warganet Indonesia Paling Tak Sopan Se-Asia Tenggara

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Tingkat kesopanan netizen Indonesia berada di peringkat terbawah di Asia Tenggara. Hal ini diungkap Microsoft dalam laporannya bertajuk 2020 Digital Civility Index (DCI).

Seperti dilansir dari Mashable, Jumat (26/2/2021), Indonesia menempati posisi ke-29 dari 32 negara yang diteliti Microsoft. Sementara negara dengan netizen tersopan di Asia Tenggara adalah Singapura.

Baca Juga:

Lecehkan Anak-anak, YouTube Hapus Video Lagu PewDiePie

Survei yang menentukan tingkat kesopanan netizen ini diselenggarakan pada bulan April sampai Mei 2020. Sebanyak 16 ribu responden yang terdiri dari kaum muda dan dewasa dilibatkan.

Sistem penilaian berkisar dari skala 0 sampai 100. Makin rendah skor, maka paparan risiko online makin rendah, yang menghasilkan tingkat kesopanan di internet lebih tinggi.

Risiko online yang dimaksud mencakup paparan kabar hoax, ujaran kebencian, penipuan atau diskriminasi yang terjadi di dunia maya.

Baca Juga:

Netizen Ramai Teriak #UninstallShopee, Ada apa?

Untuk Indonesia sendiri, risiko terbesar adalah hoax dan penipuan yang naik sebesar 13%. Setelah itu ada ujaran kebencian yang naik 5%. Namun diskriminasi turun 2%.

Remaja Indonesia tidak memberikan kontribusi apapun terhadap skor Indonesia selama 2020. Angka penurunan DCI sepenuhnya didorong oleh orang dewaa yang menambahkan 16 poin.

- Advertisement -

Latest News

Laptop Gaming Razer Blade 14 Meluncur

Technologue.id, Jakarta - Razer kembali meluncurkan laptop gaming terbaru. Kali ini adalah Razer Blade 14 yang hadir dengan desain tipis.

Infinix Note 10 Pro NFC Rilis, Harga Rp 2 Jutaan

Technologue.id, Jakarta - Infinix Note 10 Pro NFC resmi meluncur di Indonesia, Selasa (16/6/2021). Smartphone ini hadir dengan performa yang lebih gahar...

realme GT 5G Melenggang di Eropa, Ini Spesifikasi-nya

Technologue.id, Jakarta - realme GT 5G resmi meluncur secara global. Sesuai dengan namanya, smartphone ini hadir membawa dukungan jaringan generasi terbaru, 5G.

Mi Band 6 Hadir Bawa Fitur Baru

Technologue.id, Jakarta - Xiaomi merilis smartband generasi terbaru yaitu Mi Band 6. Gelang pintar ini dibekali spesifikasi lebih baik dibanding pendahulunya Mi...

iPhone Jadul Segera Update ke iOS 12.5.4

Technologue.id, Jakarta - Apple merilis pembaruan keamanan iOS 12.5.4. Update sistem operasi ini ditujukan bagi pengguna iPhone dan iPad Air tipe lawas.

Related Stories