Waspada, Malware Crazy Bad Bisa Ambil Alih Windows

Technologue.id, Jakarta – Meski sudah dibekali dengan anti-malware dan anti-virus bawaan bernama Windows Defender, kenyataannya ada saja malware yang masih bisa lolos dan menyerang sistem operasi Windows.

NextPowerUp (09/05/17) mengabarkan bahwa belum lama ini, ada dua orang peneliti yang ikut serta dalam Project Zero milik Google, Tavis Ormandy dan Natalie Silvanovich melaporkan adanya sebuah malware yang begitu berbahaya.

Keduanya menemukan bahwa malware yang bernama Crazy Bad itu dapat menembus Malware Protection Service yang terpasang pada Windows 8, 8.1, 10, Server 2012, dan beberapa sistem operasi buatan Windows lainnya.

Selain itu, Crazy Bad juga bisa melewati pertahanan firewall dari Windows Defender dan Malware Protection Engine yang ada pada Windows lalu mengizinkan peretas untuk melakukan pengendalian dari jarak jauh.

Tak cuma itu, ketika sistem operasi Windows sudah berhasil dikendalikan, peretas juga bisa menjalankan berbagai kode-kode pemrograman berbahaya untuk mengambil berbagai data penting.

Untungnya, pihak Microsoft kini sudah merilis sebuah patch khusus yang bisa menangkal malware Crazy Bad. Patch tersebut saat ini sudah tersedia melalui Windows Update sehingga pengguna bisa menginstallnya dengan mudah.

 

Baca juga:

Wow, Ada Malware Android Baru Setiap 10 Detik!

Awas, Malware Ini Sudah Menjangkit Jutaan Perangkat Android!

500 Ribu Pengguna Android Jadi Target Malware Aplikasi Panduan Game