Waspada Situs Palsu PeduliLindungi

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Kementerian Komunikasi dan Informatika meminta masyarakat agar teliti sebelum mengakses situs PeduliLindungi. Pasalnya kini beredar situs palsu PeduliLindungi.

Situs dengan nama domain pedulilindungia.com tersebut memiliki kesamaan logo dan tampilan dengan yang ada dalam aplikasi PeduliLindungi.

Baca Juga:
Polisi Ringkus Pembobol Data Aplikasi PeduliLindungi

Kabarnya, situs PeduliLindungi palsu itu digunakan untuk modus tindakan penipuan. Yakni dengan memeras para korbannya untuk membeli vaksin seharga Rp1 juta.

“Kementerian Kominfo mengimbau masyarakat agar selalu waspada terhadap segala disinformasi terkait situs dan aplikasi palsu yang mengatasnamakan PeduliLindungi dalam bentuk apapun,” kata Dedy Permadi, juru bicara Kominfo, Kamis (9/9/2021).

Kominfo menyatakan situs pedulilindungia.com adalah palsu, pemerintah tidak menggunakan situs tersebut untuk menangani COVID-19.

Ada pun situs resmi PeduliLindungi adalah pedulilindungi.id.

“Seluruh isi dan informasi dalam situs pedulilindungia.com tidak terkait dengan situs PeduliLindungi.id dan tidak berhubungan dengan upaya Pemerintah melakukan penanganan COVID-19 dalam bentuk apapun,” kata Dedy.

Baca Juga:
Kominfo Jamin Aplikasi PeduliLindungi Jaga Data Pengguna

Kementerian Kominfo sudah memutus akses terhadap situs palsu tersebut.

“Kementerian Kominfo telah memutus akses terhadap situs pedulindungia.com yang menggunakan atribut logo, gambar, dan tampilan menyerupai situs pedulilindungi.id,” kata Dedy.

Kominfo meminta masyarakat hanya mengakses situs resmi pedulilindungi.id dan aplikasi PeduliLindungi yang resmi, baik di Android Google Play Store maupun App Store untuk pengguna iOS.

Pada Google Play Store, ketika akan mengunduh aplikasi, pastikan ada nama Kementerian Kominfo di bagian bawah tulisan PeduliLindungi. Pada aplikasi resmi, Kominfo juga tercatat sebagai kontak pengembang aplikasi tersebut.

- Advertisement -

Latest News

Related Stories