Waspada SMS Berisi Link Pelacak Paket

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Metode baru peretasan ditemukan di Inggris. Di mana para hacker menebar pesan singkat atau SMS berisi link yang disebut dapat melacak paket pesanan.

SMS ini tentunya sangat berbahaya. Seperti dilansir dari Threat Post, Senin (3//4/2021), link yang dihadirkan berisi malware FluBot yang dapat mencuri informasi para korbannya.

SMS mengklaim dirinya berasal dari perusahaan pengiriman dan logistik. Ketika korban mengklik link yang diberikan, maka akan dibawa ke situs web phising berisi malware berbahaya.

Baca Juga:

Waspada, Serangan Trojan Incar Pengguna Telegram


Malware kemudian dengan segera mencuri informasi dan kredensial perbankan para korbannya, password yang tersimpan di perangkat, dan berbagai data pribadi lainnya juga tak luput dicuri.

Malware FluBot ini juga akan mengirimkan SMS kepada semua kontak yang terdaftar di perangkat yang terinfeksi. Tentunya SMS yang dikirimkan juga sama bahayanya.

National Cyber Security Center (NCSC) Inggris mengimbau kepada para korban yang menerima SMS mencurigakan agar tidak mengklik link yang diberikan. Mereka juga diminta untuk mem-forward SMS ke “7726”.

Baca Juga:

Peneliti Ungkap Malware Bersembunyi di System Update


Nantinya NCSC akan melakukan identifikasi terahadap SMS tersebut. Jika memang SMS mengandung link berbahaya berisi malware, maka NSCS akan mengambil tindakan.

Selain memberikan pedoman kepada para calon korban, NCSC juga memberikan arahan kepada para korban yang terlanjur mengklik link yang diberikan.

Kepada mereka, NCSC memerintahkan untuk melakukan factory reset sesegera mungkin. Mereka juga di minta mem-backup informasi penting, dan hanya menginstal aplikasi dari Google Play agar tidak terjadi kejadian serupa kedepannya.

- Advertisement -

Latest News

Sering Scan Kode QR? Ini Bahayanya

Technologue.id, Jakarta - Memasuki era digital, kode QR semakin menjamur. Kode unik ini sangat mudah ditemukan mulai di kemasan makanan, tiket, tagihan...

Pendiri Zoom Ngaku Capek Meeting Virtual

Technologue.id, Jakarta - CEO sekaligus pendiri Zoom, Eric Yuan mengaku lelah dengan penerapan sistem bekerja di rumah. Tak sungkan, ia mengeluh jika...

Refund Molor, Toko Furniture Fabelio Panen Kecaman Konsumen

Technologue.id, Jakarta - Akun Instagram resmi toko furniture online, Fabelio, digeruduk sejumlah konsumen. Mereka mengeluhkan soal proses pengembalian uang atau refund yang...

Kenaikan Transaksi Shopee Berlipat saat Ramadan

Technologue.id, Jakarta - Di momen Ramadhan 2021 Shopee mengalami kenaikan transaksi yang signifikan. Tercatat selama kampanye Big Ramadan Sale ada lebih dari...

Sony Hapus Kamera DSLR dari Situs Resmi, Berhenti Produksi?

Technologue.id, Jakarta - Mungkin kita tidak akan pernah melihat perangkat DSLR A-series keluaran terbaru dari Sony. Pasalnya produsen elektronik asal Jepang itu...

Related Stories