Waspada Tergiur Biaya Langganan Google Drive Unlimited Seumur Hidup

Technologue.id, Jakarta – Bagi pengguna layanan cloud, tentunya tidak asing dengan Google Cloud yang memberikan gratis 15 GB gratis seumur hidup untuk semua penggunanya. Tapi rupanya kuota 15 GB memang tidak cukup bagi sebagian besar penggunanya dan Google menawarkan opsi untuk upgrade dengan harga bervariasi tergantung kuota bandwidth yang diinginkan.

Ahir-akhir ini banyak tawaran di berbagai platform e-commerce, baik di luar negeri seperti eBay ataupun dalam negeri yang menawarkan Google Drive dengan harga yang tidak masuk akal. Mulai dari Rp100 ribu sampai ada yang banting harga sampai Rp 1000 saja.

Harga segitu sudah mendapat berbagai benefit diantaranya Google Drive Unlimited Lisensi Resmi, Aman dari suspend, Layanan after sales, Upload dan download sangat cepat, Data dalam database Google (aman dari hacker).

“Sudah unlimited alias kuota tidak terbatas, dapat dinikmati seumur hidup lagi, sudah tentu banyak netizen yang langsung terpana dan gelap mata. Cukup bayar satu kali sudah bisa menikmati layanan digital Google Drive dengan kuota tidak terbatas seumur hidup,” kata Alfons Tanujaya, pengamat keamanan siber Vaksincom.

Baca Juga:
Google Drive Bakal Hapus File Sampah Secara Otomatis

Padahal sebagai perbandingan, Google Drive unlimited dengan kuota 2 TB dikenakan iuran Rp 270.000,- per bulan. Sementara untuk kuota 10 TB Rp 1,2 juta dan 20 TB biaya langganan per bulannya Rp 2,7 juta per bulan. Jadi dapat dikatakan kira-kira biaya kuota bandwidth per 1 TB Rp 135 ribu per bulan.

“Ibarat ada yang jual jeruk lebih murah dari harga modalnya petani jeruk,” tandasnya.

Alfons menjelaskan, di balik penawaran yang menggiurkan namun tidak masuk akal ini, jawabannya adalah Google Team Drive.

Google Team Drive atau Shared Drive adalah ruang penyimpanan bersama dimana tim atau beberapa orang dalam satu organisasi menyimpan dan membagikan file dan folder. Berbeda dengan MyDrive yang merupakan milik individu, Team Drive adalah milik bersama dan dapat diakses oleh banyak orang.

“Team Drive ini dapat dibagikan pada pengguna yang tidak terbatas dan pada beberapa organisasi seperti lembaga pendidikan, Google berbaik hati memberikan Team Drive secara gratis alias tidak perlu membayar. Namun ada ketentuannya TOS Term of Servicesnya dimana Team Drive ini hanya digunakan di lingkungan pendidikan untuk lembaga pendidikan yang bersangkutan dan sudah pasti tidak boleh diberikan kepada pihak di luar lembaga pendidikan, apalagi dijual di toko online,” ungkapnya.

Baca Juga:
Google Drive Punya Sistem Keamanan Baru

Jadi sebelum Anda membeli produk Google Drive Unlimited ataupun Microsoft OneDrive (5 TB) lifetime, sebaiknya berhati-hati dan tidak mudah tergiur oleh produk yang sangat murah namun tidak masuk akal karena mengelola sumber daya cloud membutuhkan biaya tidak sedikit, dari membeli perangkat server, membayar biaya listrik, bandwidth sampai mengelola aplikasi, administrasi dan database pengguna.

“Kalau ada yang menawarkan cloud unlimited seumur hidup dan Anda percaya, resikonya data berharga anda akan hilang ketika akun yang melanggar dan menjual layanan yang melanggar TOS tersebut di hapus. Kesalahan utama jelas di pihak penjual yang menyalahgunakan TOS dan menjual produk yang sebenarnya tidak boleh dijual dan menyalahgunakan sarana Team Drive yang seharusnya digunakan oleh organisasi secara internal dan saling mengenal tetapi dijual kepada publik,” terangnya.

Alfons menambahkan, toko online yang digunakan juga seharusnya melakukan pengecekan secara teratur sehingga platformnya tidak disalahgunakan untuk menjual produk ilegal.

Latest News

Prosesor Intel Core Generasi ke-11 Resmi Meluncur di Indonesia

Technologue.id, Jakarta - Intel resmi menghadirkan prosesor terbarunya di Indonesia, yakni Intel Core Generasi ke-11 dengan grafis Intel Iris Xe. Prosesor yang...

Wow, Game Super Mario Bros 3 Pecahkan Rekor jadi Game Termahal di Dunia!

Technologue.id, Jakarta - Super Mario Bros 3 pecahkan rekor jadi game termahal di dunia, setelah kaset game yang dirilis tahun 1990 itu...

Tri Indonesia Perluas Jaringan 4.5G Pro di Kalimantan

Technologue.id, Jakarta - Operator selular 3 (Tri) Indonesia telah meningkatkan dan menambah layanan jaringan 4.5G Pro yang lebih luas dan kuat di...

Bio Inc. Redemption, Game Simulator Malapraktik Medis yang Bakal Hadir ke iOS dan Android

Technologue.id, Jakarta - DryGin Studios jadi terkenal karena game simulator biomedisnya. Hingga kini, seri ini sudah diunduh lebih dari 17 juta kali....

Q3 2020, realme Alami Pertumbuhan Pesat

Technologue.id, Jakarta - realme berhasil mencetak pertumbuhan pesat di kuartal ke-3 (Q3) tahun 2020 ini. Tak tanggung-tanggung, angkanya mencapai 132% dari periode...

Related Stories