Technologue.id, Jakarta – Di ajang Worldwide Developer Conference (WWDC) 2016, Apple resmi memperkenalkan watchOS 3, platform versi terayar untuk produk Apple Watch. Ada beragam pembaruan yang dibawa oleh watchOS 3.

Namun, secara garis besar pembaruan dari sistem operasi yang berjalan di Apple Watch dimaksudkan agar konsumen bisa memanfaatkan wearable itu untuk mendukung aktivitas olahraga dan memantau kesehatannya lebih mudah.

Mengutip MacRumors (16/6/16), Apple Watch sekarang telah mengakomodasi fitur activity sharing, sehingga user bisa membagikan aktivitas olahraganya ke orang lain juga memantau aktivitas milik orang lain. Jam pintar itu pun kini mampu membantu para pemakai kursi roda, yakni dengan mendeteksi aktivitas dorongan roda untuk beragam kecepatan dan permukaan.

Selain itu, berkat watchOS 3 yang update software-nya bakal tersedia secara resmi mendekati ujung tahun 2016 itu, Apple Watch juga sudah bisa dipakai untuk meng-unlock Mac terdekat secara otomatis, melakukan panggilan darurat ke 911 dengan cepat, serta mempermudah berkirim pesan dengan iMessage.