Technologue.id, Jakarta – Walaupun beberapa tahun belakangan ini produsen harddisk sudah mulai beralih ke SSD, pengembangan harddisk hingga saat ini masih terus berjalan. Hal tersebut juga dilakukan oleh Western Digital (WD).

Mengutip dari SlashGear, WD dilaporkan baru saja merilis harddisk berkapasitas 15 TB dengan seri Ultrastar DC HC620. Perangkat ini sendiri merupakan harddisk form factor 3,5 inci dengan kapasitas terbesar saat ini.

Baca juga:

WD Tutup Pabrik Harddisk-nya, Kenapa?

Ultrastar DC HC620 berkapasitas 15 TB ini sendiri ditujukan untuk pengguna personal maupun profesional yang ingin mendapatkan kapasitas media penyimpanan sebesar mungkin dengan ruang yang seminim mungkin.

Untuk bisa mewujudkan hal tersebut, harddisk ini sendiri menggunakan pringan Shingled Magnetic Recording (SMR) yang jauh lebih rapat dari sebelumnya sehingga bisa menghasilkan kapasitas sebesar 15 TB.

Baca juga:

Rolls-Royce Bikin Taksi Terbang Juga, Kapan Siap Mengudara?

“Dengan SMR yang lebih rapat dan kapasitas hingga 15 TB, harddisk ini cocok digunakan untuk melakukan hyperscale pada cloud dan menunjang beban kerja pada data center, termasuk menyimpan banyak video surveillance, dan sebagai media penyimpanan untuk big data”, pernyataan WD.

Seperti harddisk WD berkapasitas besar lainnya, Ultrastar 15 TB ini juga menggunakan teknologi HelioSeal yang memungkinkan harddisk untuk bisa bekerja optimal dengan kapasitas yang besar dan dapat mengurangi turbulensi saat diletakkan pada storage array.

Baca juga:

Jatuh dari Pesawat Saat Terbang, Bagaimana Nasib iPhone Ini?