Copyright 2022 Technologue ID. All rights reserved.

News Latest News

WFH, Kominfo Instruksikan Operator Beri Layanan Terbaik

byTangguh Yudha Ramadhan - editorDenny Mahardy Mar 20, 2020

Technologue.id, Jakarta - Wabah virus Corona yang mengganas di Indonesia memaksa masyarakat untuk bekerja dan belajar di rumah. Untuk mendukung itu, Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menekan penyedia jaringan memberikan akses internet yang baik. Dalam konferensi pers secara live streaming pada Kamis (18/3/2020), Menteri Kominfo Johnny G. Plate mengatakan, "Dalam rangka memberikan dukungan layanan prima telekomunikasi dan penyiaran, kepada operator kami instruksikan menyediakan layanan akses internet dengan kapasitas dan kualitas layanan yang baik.

Baca Juga: Pesan Larangan Warga DKI Jakarta Keluar Rumah Dipastikan Hoax

Kominfo menyebut pihaknya juga akan turut serta memastikan kualitas layanan telekomunikasi dengan terus melakukan pengukuran kualitas layanan (Quality of Service/QoS) di wilayah-wilayah pemukiman. Jika ditemukan layanan yang kurang baik akan segera dilakukan tindakan optimasi. Selain menekankan operator untuk menyediakan jaringan yang baik, Kominfo juga meminta operator untuk memberikan akses data situs resmi Pemerintah R.I. tentang virus Corona https://www.covid19.go.id/ digratiskan dimulai per tanggal 23 Maret 2020. Jadi pelanggan tidak dikenakan kuota ketika mengakses situs tersebut.

Baca Juga: Makin Marak, Kominfo Identifikasi Ratusan Konten Hoax Terkait COVID-19

"Operator juga kami minta untuk menggratiskan akses terhadap situs resmi penanganan pandemi dan call center 117 dan 119," ujar Johnny. Berdasarkan laporan dari operator seluler, sampai dengan saat ini terdapat lonjakan trafik di area pemukiman rata-rata sebesar 5 - 10% dari kondisi normal. Operator Seluler berjanji akan melakukan penambahan kapasitas pada masing-masing Base Transceiver Station (BTS) apabila terus terjadi lonjakan.

#Kominfo #Corona #VirusCorona #WFH #WorkFromHome

Baca Juga