WFH, Telkomsel Catat Kenaikan Trafik Jaringan

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Telkomsel mencatat terjadi lonjakan trafik komunikasi payload layanan berbasis data dan digital di jaringannya. Lonjakan ini seiring dengan diberlakukannya himbauan belajar dan bekerja dari rumah oleh Pemerintah.

Dalam keterangan tertulis pada Kamis (19/3/2020), Denny Abidin, Vice President Corporate Communications Telkomsel mengatakan, “Trafik komunikasi payload layanan berbasis data dan digital naik hingga 5% dibandingkan periode sebelum diberlakukannya himbauan tersebut.”

Baca Juga:
Telkomsel Beri Akses Belajar Gratis di Ruangguru Hingga 30GB

Denny menyebut kenaikan trafik komunikasi layanan berbasis data dan digital dikontribusi oleh tumbuhnya payload layanan sistem belajar berbasis daring (e-learning) yang mencapai 236%. Kemudian disusul komunikasi pesan instan sebesar 19%, game online 13%, dan cloud 10,4%.

“Kami juga mencatat peningkatan trafik payload lainnya. Antara lain pada pemanfaatan layanan content provider 8,2%, digital advertising 7,5%, video streaming 7,3%, dan browsing 5,2%,” tambah Denny.

Telkomsel juga mencatat untuk wilayah operasional Telkomsel yang mengkontribusi kenaikan payload secara keseluruhan tersebar di beberapa wilayah. Yang tertinggi ada di Jawa Barat dengan angka 7,9%, Jawa Tengah 6,9%, Jawa Timur 5%, Sumatera Bagian Tengah 4,7% dan Sumatera Bagian Selatan 4.2%.

Baca Juga:
Telkomsel Gandeng Microsoft Perkuat Segmen Enterprise

Menanggapi kenaikan trafik ini, Telkomsel mengaku telah melakukan pengamanan trafik jaringan yang mencakup kesiapan kapasitas tambahan guna mengantisipasi lonjakan trafik komunikasi terutama trafik layanan berbasis data dan digital. Yaitu dengan memaksimalkan fungsi seluruh spektrum yang dimiliki Telkomsel, yakni frekuensi 900, 1800, 2100, dan 2300 Mhz.

“Telkomsel telah menyiagakan jaringan untuk mengantisipasi lonjakan trafik layanan seiring tingginya potensi penggunaan layanan data oleh masyarakat di sejumlah wilayah sebagai dampak diberlakukannya kebijakan bekerja dan belajar dari rumah oleh sejumlah perusahaan dan sekolah,” pungkas Denny.

- Advertisement -

Latest News

Related Stories