WhatsApp Bisa Kirim Foto dan Video yang Terhapus Sendiri

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – WhatsApp meluncurkan fitur untuk foto dan video langsung hilang otomatis. Fitur baru yang dinamai View Once ini membuat foto dan video yang dikirimkan hanya bisa dilihat satu kali saja.

Sebelumnya, WhatsApp telah memiliki fitur hapus otomatis serupa. Namun baru teks saja yang akan terhapus dalam jangka waktu tertentu.

Untuk menggunakan View Once, berikut cara pakainya:

  • Pilih gambar atau video yang akan dikirim. Caranya bisa langsung dari aplikasi galeri atau attachment dalam WhatsApp.
  • Sebelum dikirim, akan ada ikon angka 1 di sebelah tombol kirim.
  • Klik ikon tersebut, hingga muncul notifikasi ‘Photo set to view once.
  • Selanjutnya kirim foto dan video.

Penerima akan menerima keterangan jika konten yang dikirimkan telah diatur menggunakan fitur View Once. Tapi hanya akan muncul untuk awal saja.

Setelah foto dan video dibuka, akan ada keterangan opened (dibuka) dengan tanda centang dua biru. Ini jadi tanda jika foto telah dibuka dan tidak bisa dilihat lagi.

Foto dan video yang telah menggunakan View Once tetap hanya muncul dengan tanda itu, walaupun status telah dilihat dinonaktifkan. Fitur itu bisa digunakan baik di chat personal dan juga grup.

Sayangnya, fitur ini baru tersedia secara beta untuk Android versi 2.21.14.3. Artinya belum semua pengguna bisa mencicipi fitur View Once ini.

Laporan Wabetainfo menyebutkan jika ada pengguna yang belum melihat fitur ini, perlu menunggu pembaruan apliasi berikutnya. Sementara untuk aktivasi iOS beta akan menyusul segera.

Laman tersebut juga mencatat, pengguna yang tidak ikut dalam program hanya bisa menerima foto dan video dengan fitur View Once.

- Advertisement -

Latest News

Related Stories