Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Whatsapp Update! Bisa Kirim dan Terima Pesan Saat Kondisi Internet Shutdown
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Akibat terjadinya pembatasan akses internet di beberapa negara, perusahaan Whatsapp mencoba untuk merilis fitur terbarunya.

Perusahaan ini meluncurkan fitur yang bisa dipakai oleh penggunanya walau berada di kondisi koneksi internet terbatasi.

Kasus shutdown internet di beberapa wilayah akibat konflik tertentu dan berkepanjangan ini berdampak pada pemutusan akses pada platform media sosial seperti Whatsapp. Padahal, selama ini kegunaannya adalah untuk terhubung dengan orang lain.

Baca Juga:
WhatsApp Bisa Ubah Pesan Terhapus Lewat Accidental Delete

Pengiriman pesan teks singkat melalui aplikasi ini memungkin pengguna bisa dengan cepat dan mudah mengabarkan kondisi dirinya. Namun sayangnya, beberapa otoritas pemerintah justru membatasi hak dan akses tersebut.

Keputusan tersebut bisa berdampak pada penghalangan pengguna untuk mengakses layanan online. Bahkan pada kasus yang tertentu bisa dianggap melanggar hak asasi manusia, seperti menerima bantuan.

Untuk menanggulangi kasus yang serupa, Whatsapp pada tahun 2023 menyediakan server proxy. Ini berfungsi sebagai gerbang antara perangkat Anda dan situs web atau layanan yang ingin Anda akses.

Cara kerjanya adalah semua permintaan untuk mengirim dan menerima pesan akan melewati server tersebut terlebih dahulu saat terhubung ke proxy WhatsApp. Hal ini untuk menghindari "kill-switch" yang mencoba mengganggu akses internet normal.

WhatsApp memastikan bahwa menggunakan proxy tidak akan memengaruhi tingkat keamanan dan privasi yang biasa ada. Enkripsi end-to-end akan tetap melindungi semua pesan dan panggilan pengguna.

Baca Juga:
WhatsApp Luncurkan Kemampuan Membuat Polling Pribadi

Cara menggunakan server proxy WhatsApp

Berikut ini akan dijelaskan bagaimana cara Anda bisa terhubung dengan server proxy Whatsapp ketika di kondisi genting. 

Pertama-tama Anda harus memastikan bahwa perangkat yang Anda gunakan menjalankan aplikasi versi terbaru. Kemudian, ikuti panduan langkah demi langkah di bawah ini:

  • Buka tab Pengaturan;
  • Klik Storage and Data, lalu Proxy;
  • Ketuk Gunakan Proksi lalu Setel Proksi;
  • Masukkan alamat proxy yang ingin Anda sambungkan dan klik Simpan.

Tanda centang hijau akan muncul jika koneksi berhasil. Jika Anda masih tidak dapat mengirim atau menerima pesan, coba gunakan proxy lain karena proxy yang dipilih mungkin diblokir.

SHARE:

Tips Supaya Usaha Rental Mobil Tetap Aman Terlindungi

Mobil Rental Dibawa Kabur Penyewa, Bagini Tata Cara Klaim Asuransinya