Technologue.id, Jakarta – Sejak awal, Windows 10 dirancang untuk bisa kompatibel dengan seluruh perangkat baik PC, laptop, tablet, perangkat 2 in 1, maupun gadget lainnya. Namun ke depannya, Microsoft ternyata ingin membuat sebuah perangkat dengan kategori yang lebih ringan dan ini akan diakomodir oleh sistem operasi Windows Lite.

Mengutip dari TheVerge (04/03/19), Microsoft dikabarkan tengah menyiapkan Windows Lite. Sesuai namanya, ini adalah sistem operasi Windows namun dengan beban yang lebih ringan. Nantinya, ini akan diperuntukkan bagi perangkat dual-screen dan perangkat laptop semacam Chromebook.

Fitur dari Windows Lite sendiri belum diumumkan secara resmi, bahkan tanggal rilisnya pun belum diketahui. Meski begitu, sebagian pengguna sudah diizinkan untuk melakukan uji coba pada sistem operasi tersebut. Dan sebagai versi ringan dari Windows 10, kemungkinan akan ada banyak fitur yang tak tersedia pada Windows Lite.

Hingga saat ini, belum jelas siapakah yang sudah bekerja sama dengan Microsoft untuk bisa mewujudkan Chromebook versi Microsoft tersebut. Namun kabarnya, pihak Microsoft sendiri sudah menekan sejumlah vendor agar perangkat tersebut bisa cepat terwujud.

Di sisi lain, untuk perangkat dual-screen sendiri, Intel sudah sempat membuat versi purwarupanya pada pertengahan tahun lalu. Perangkat yang masih dikembangkan itu, saat ini digunakan oleh Microsoft untuk melakukan serangkaian uji coba agar Windows Lite bisa menghadirkan pengalaman terbaik ketika digunakan pada perangkat serupa.