Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Wow, 1,3 Miliar Smartphone Android Terjual Sepanjang 2017
SHARE:

Technologue.id, Jakarta – Popularitas sistem operasi Android yang saat ini menjadi 'ponsel sejuta umat' makin terus bersinar. Sebab faktanya, penjualan perangkat smartphone dan tablet masih didominasi oleh sistem operasi besutan Google tersebut. Lembaga riset Gartner menyebut Android mendominasi pasar smartphone dengan pangsa pasar mencapai 85,9 persen di tahun 2017, atau sekitar 1,3 miliar smartphone Android telah terjual tahun lalu.

Baca juga:

Kembali ke Pasar Smartphone, Microsoft Bakal Adopsi OS Android?

Jumlah penjualannya bahkan jauh melebihi penjualan perangkat Apple ber-platform iOS dan Mac secara gabungan, termasuk iPhone, iPad, iPod Touch, dan Mac. Sekitar 215 juta perangkat yang terjual berjalan di iOS atau mencakup market share sebesar 14 persen. Sementara gabungan platform mobile lainnya tercatat hanya 1,5 juta unit. Jumlah smartphone Android yang berhasil dipasarkan tiap tahunnya memang selalu meningkat. Di 2013 tercatat ada 800 juta smartphone Android yang berhasil diedarkan ke pasaran dan selama 2014 angka tersebut tumbuh pertama kali menembus volume 1 miliar unit.

Baca juga:

Memblokir Panggilan Telepon Asing di Ponsel Android, Gimana Caranya?

China sebagai negara terbesar dan juga terbanyak memasarkan perangkat Andorid, kebanyakan dikapalkan tanpa layanan asli Google. Sebagaian besar konsumen di negara berkembang akan menjadi pasar potensial untuk Android terutama yang dibanderol murah. Perangkat segmen mid-end akan memperluas pangsa pasar dan ekosistem Android. Android digunakan oleh sejumlah produsen perangkat seluler, termasuk Samsung yang berbasis di Korea Selatan, yang merupakan pabrikan smartphone top dunia dalam hal volume. Sebelum Google mengguncang pasar dengan Android, produsen gadget harus membayar untuk lisensi sistem operasi atau mengandalkan platform buatan mereka sendiri.

Baca juga:

Pemesanan Tiket Pesawat ke Rusia Naik Hampir 100% di Momen Piala Dunia

Raksasa teknologi Microsoft pun tergiur untuk mengadopsi OS Android, setelah terdepak dari pasar smartphone karena menonjolkan sistem operasi sendiri. Proyek pengerjaan smartphone berbasis Android ditengarai sedang berlangsung saat ini dan diduga akan diluncurkan tahun ini pula.

SHARE:

Selesaikan Tur Asia, CEO Apple Tim Cook Temui PM Singapura Lawrence Wong

Xiaomi Luncurkan Redmi Note 13 Pro+ 5G edisi Xiaomi Fan Festival