Technologue.id, Jakarta – Anda yang biasa bermedia sosial pasti mafhum dengan gambar bergerak alias GIF. Kendati lekat dengan anak muda, faktanya GIF adalah temuan yang sudah cukup lama. Bagi yang belum tahu, 15 Juni kemarin, GIF genap berusia 30 tahun.

Tak terasa, elemen yang kerap membuat komunikasi di dunia maya lebih menyenangkan secara visual itu ternyata sudah tua, bahkan mungkin lebih tua dari kebanyakan penggunanya sekarang.

Sebagai salah satu platform chatting terpopuler sejagat, Facebook Messenger menganggap GIF amat penting bagi komunitasnya. Semenjak menyediakan GIF 2015 silam, kini fitur tersebut jadi salah satu kesukaan dari lebih dari 1,2 miliar pengguna Messenger.

Betapa tidak, berdasarkan klaim yang dilayangkan Facebook, tahun lalu ada sebanyak 13 triliun GIF yang dikirimkan orang-orang di Messenger. Ini artinya, ada 25 ribu GIF yang lalu-lalang di aplikasi kompetitor WhatsApp itu tiap menitnya.

GIF di Facebook Messenger (source: Facebook)

Lalu, bagaimana di kalender 2017 ini? Kemungkinan, jumlahnya bakal jauh lebih banyak. Buktinya, di tahun baru 2017 kemarin saja, ada lebih dari 400 juta GIF yang berseliweran di Messenger.

Untuk memfasilitasi kebutuhan yang makin tinggi akan GIF, Facebook lantas memperluas penggunaan gambar bergerak itu. Menurut perusahaan Mark Zuckerberg itu melalui rilisnya yang dikirimkan ke Technologue.id (15/06/17), kini pengguna Facebook sedunia bisa menambahkan GIF di kolom komentar suatu posting.

Mereka juga menciptakan 20 GIF baru berkolaborasi dengan GIPHY Studios. Sekarang, ada GIF yang menampilkan wajah yang tak asing lagi di internet, seperti DNCE, Logan Paul, Amanda Cerny, Patrick Starr, dan Landon Moss. Masing-masing GIF yang mereka wakili merupakan ekspresi unik keseharian netizen. Silakan cari GIF favorit Anda di tagar #GIFparty di Facebook atau via link GIPHY.com/Facebook untuk menggunakannya di Messenger.

 

Baca juga:

Cara Jadikan Facebook Messenger Sekretaris Pribadi Anda

Jumlah Pengguna Facebook Messenger Tembus 1,2 Miliar

Mantap, di Facebook Messenger Ada Artificial Intelligence-nya!