Wow, Ada Malware Android Baru Setiap 10 Detik!

Technologue.id, Jakarta – Sudah bukan rahasia lagi jika Android adalah sistem operasi mobile yang paling sering terjangkit malware. Namun kini, jumlahnya kian banyak.

Sebuah perusahaan keamanan komputer, G Data baru saja merilis data yang menunjukkan bahwa malware baru pada sistem operasi Android bisa ditemukan setiap 10 detik sekali. Ini artinya, ada sekitar 8.400 malware Android baru setiap harinya.

Mengutip dari NextPowerUp (06/05/17), berdasarkan data yang sama, untuk periode kuartal pertama 2017 setidaknya ada 750 ribu malware baru pada Android.

Sepanjang tahun 2016 lalu, G Data sendiri menemukan 3,2 juta malware Android baru. Dengan dirilisnya data ini, mereka memperkirakan akan ada 3,5 juta malware baru hingga akhir 2017 nanti.

Jika dibandingkan dengan sistem operasi iOS, Android memang menjadi sasaran empuk bagi para peretas. Ini tidak mengherankan mengingat sistem operasi buatan Google itu sudah digunakan oleh 81,7 persen perangkat mobile di seluruh dunia.

Berbeda dengan iOS yang eksklusif untuk perangkat Apple, Android justru berjenis open source sehingga semua orang bisa menggunakan dan mengembangkannya secara gratis. Oleh karenanya, tak heran jika penggunanya semakin banyak.

 

Baca juga:

Awas, Malware Ini Sudah Menjangkit Jutaan Perangkat Android!

500 Ribu Pengguna Android Jadi Target Malware Aplikasi Panduan Game

Waspada, Beli Smartphone Flagship Baru Dapat Bonus Malware!