Technologue.id, Jakarta – Siapa tak kenal Bill Gates? Pria yang sudah bertahun-tahun menjabat titel orang terkaya di dunia itu adalah co-founder Microsoft. Di samping itu, ia juga seorang dermawan, melalui lembaga amal yang ia gagas bersama istri, Bill & Melinda Gates Foundation.

Melansir Bloomberg (14/08/17), triliuner itu tercatat mendonasikan 64 juta sahamnya di Microsoft. Jumlah itu setara dengan 4,6 miliar USD atau sekitar Rp61 triliun.

Baca juga:

Google Bajak Eks Pegawai Apple, untuk Proyek Apa?

Donasi ini adalah jumlah terbesar yang pernah diberikan Bill dalam 17 tahun terakhir. Sebelumnya, ia pernah menyumbangkan 16 miliar USD (Rp213 triliunan) tahun 1999 lalu dan 5,1 miliar USD (Rp68 triliunan) setahun berselang. Alhasil, Bill sudah menyumbangkan total Rp 50 miliar USD (Rp666,7 triliun).

Baca juga:

Eks CEO Uber Kesandung Kasus, Ada Apa?

Di samping itu, pria kelahiran 28 Oktober 1955 itu juga telah mengurangi porsi saham Microsoft menjadi 1,3 persen saja dibandingkan 24 persen tahun 1996 silam. Belum diketahui kepada siapa porsi saham itu bakal diberikan, tetapi sepertinya akan jatuh ke lembaga filantropisnya sendiri, Bill & Melinda Gates Foundation. Saham terbesar Microsoft sendiri saat ini dipegang oleh eks CEO Microsoft, Steve Ballmer. Bill dan Satya Nadella, CEO saat ini, menyusul di bawahnya.

Baca juga:

MacBook Air Versi KW Ini Segera Dirilis

Walau begitu, Bill Gates tetaplah orang terkaya di dunia. Kekayaannya ditaksir mencapai Rp1.148 triliun, sedikit menurun dari data terakhir sebesar Rp1.200 triliun. Founder Amazon, Jeff Bezos, sempat menyalipnya sebagai orang terkaya di dunia, tetapi begitu saham Amazon drop, Bill kembali naik ke posisi pertama.