Technologue.id, Jakarta – Berbarengan dengan konferensi tahunan Google I/O 2018, Google turut mengumumkan bahwa Gboard akan segera mendukung kode Morse. Dukungan ini hadir berkat inspirasi yang diberikan oleh seorang developer bernama Tania Finlayson. Sosok Tania memiliki kesulitan dalam berbicara dan selama ini berkomunikasi melalui gerakan kepala yang diterjemahkan ke dalam kode Morse.

Tania dan suaminya bermitra dengan Google untuk membantu membawa kode Morse ke Gboard. Ia mengapresiasi fitur baru dari keyboard itu. “Saya sangat senang bahwa Gboard sekarang memiliki keyboard Morse dengan berbagai pengaturan untuk mengakomodasi kebutuhan orang-orang yang unik.”

Baca juga:

Google Siap Danai Startup Berbasis AI Anda, Asalkan…

- Advertisement -

Tak hanya membawa pengenalan kode Morse ke Gboard, Google juga akan merilis trainer yang akan membantu pengguna untuk mempelajari cara berkomunikasi dengan kode Morse, poster dan kartu yang dapat dicetak untuk menampilkan pictographs.

Baca juga:

Cara Log-out Akun Google dari Semua Perangkat dalam Satu Jentikan Jari

Selain dapat membantunya untuk berkomunikasi dengan mudah, Tania mengaku jauh lebih bersemangat untuk mengetahui apa yang nantinya akan banyak orang buat dengan fitur baru dari Gboard tersebut.

Baca juga:

Aplikasi Pendeteksi Humor Garing dari Google

“Saya bahkan lebih bersemangat tentang apa yang akan orang-orang buat. Dari yang kecil, permainan yang menyenangkan, dan alat pengajaran baru, hingga aplikasi komunikasi yang sepenuhnya dibuat berdasarkan kode WaveNet yang digerakkan oleh ML,” tutur Tania.