Wow, Robot Gundam di Dunia Nyata Sudah Ada!

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Pasti sebagian besar dari Anda mengenal Gundam. Ya, itulah karakter robot pahlawan yang begitu melegenda. Sayang, sebelum karya Hankook Mirae Technology hadir, Gundam hanyalah sebuah fiksi.

Namun, masa depan teknologi robot seperti akan cerah ketika perusahaan asal Korea Selatan itu memamerkan prototipe robot berpilot belum lama ini. Konsep kerja robot bernama Method-2 itu mirip dengan Gundam di kisahnya, karena robot seberat 1,3 ton itu dikendalikan oleh manusia.

Robot ini bekerja menggunakan motion-tracker yang dipasangkan ke tubuh sang ‘pilot’. Dalam demonya, respons gerakan kaki dan tangan robot setinggi 9,7 meter ini begitu smooth seperti tak ada delay. Jadi, bukan pekerjaan sulit juga bagi Method-2 untuk melakukan aksi yang tak semua robot bisa, berjalan mundur.

“Robot kami adalah robot bipedal pertama di dunia dan dibuat untuk pekerjaan yang tidak mungkin dilakukan manusia tanpa alat tertentu,” begitu terang Yang Jin-Ho, chairman Hankook Mirae Technology, seperti dikutip dari Engadget (27/12/16).

Method-2 dijadwalkan siap dijual ke pasaran di akhir tahun 2017. Untuk waktu dekat, robot itu masih akan disempurnakan lagi agar layak digunakan di ranah konstruksi, bongkar-muat kargo, hingga operasi militer.

 

Baca juga:

Robot untuk Keluarga dari Asus Siap Meluncur Januari 2017, Harganya?

Robot Penjaga Anak Ngamuk di Pameran

Jepang Rancang Superkomputer Tercepat di Dunia

- Advertisement -

Latest News

Related Stories