Wow, Ternyata Sudah Banyak Banget Situs yang Pakai Domain .Com!

Ilustrasi domain (source: mytechlogy.com)

Technologue.id, Jakarta – Sekarang di dunia ini, telah banyak sekali situs-situs di internet. Bayangkan, per 31 Maret 2017 kemarin, ada 330,6 juta total nama top-level domains (TLDs) yang telah terdaftar.

Jumlah itu diyakini masih akan bertambah sampai beberapa tahun ke depan. Menurut pemain besar di bisnis domain, VeriSign Inc., pada kuartal pertama 2017 kemarin saja mereka sudah memfasilitasi kehadiran 1,3 juta domain baru. Jumlah itu sendiri naik 0,4 persen dari Q4 2016.

Dari data yang diumbar pada Technologue.id (25/07/17), VeriSign menjelaskan kalau domain .com dan .net mendominasi dari total TLDs saat ini. Dari 330 jutaan TLDs yang terdaftar, porsi domain .com dan .net kalau digabung mencapai sekitar 143 jutaan.

Namun, porsi di antara keduanya tak berimbang atau sama rata. Sampai dengan akhir Maret lalu, nama domain berbasis .com yang terdaftar mencapai 128,4 juta nama, sementara nama domain berbasis .net yang terdaftar cuma 15,2 juta nama.

Di samping TLDs, sebenarnya ada kategori domain lain yang berdasarkan kode negara. Namanya ccTLD atau country code Top-Level Domain. Pada Q1 2017, ada sekitar 143 juta ccTLD, naik 0,3 persen dari kuartal terakhir 2016.

Pada tanggal 31 Maret 2017, top 5 ccTLD berdasarkan besaran zona antara lain: .cn (Tiongkok), .tk (Tokelau), .de (Jerman), .uk (Inggris), dan .ru (Rusia).

 

Baca juga:

Berkat Google, Browsing Kini Dua Kali Lebih Cepat!

Dua Situs Diretas di Bulan Puasa, Ulah Hacker Muslim?

Selain Telkomsel, 3 Situs Operator Telco Ini Juga Pernah Diretas