Technologue.id, Jakarta – Setelah beberapa tahun berlalu, Xbox One X sebentar lagi harus dipensiunkan lantaran Microsoft tampaknya sudah siap untuk bisa menjual konsol terbarunya pada tahun 2020 mendatang.

Baca Juga:
Sehebat Inikah Xbox Masa Depan?

Mengutip dari TheVerge (12/12/19), melalui ajang Game Awards, Microsoft secara resmi baru saja mengumumkan bahwa konsol terbaru mereka nantinya bakal diberi nama Xbox Series X. Dan kali ini, Microsoft merancangnya tampak seperti desktop PC lantaran bisa diletakkan secara vertikal.

“Perangkat ini mampu memberikan performa empat kali lebih kencang ketimbang Xbox One X dan lebih dari itu, ia juga bekerja lebih efisien”, kata Chief Microsoft Xbox , Phil Spencer.

Untuk bisa mencapai hal tersebut, Xbox Series X mengadopsi CPU kustom berbasis AMD Zen 2 dan GPU berarsitektur Radeon RDNA. Tak cuma sebatas itu, mereka juga memanfaatkan SSD berbasis NVMe untuk bisa mempercepat waktu loading.

Baca Juga:
Tahun Depan, Microsoft Siapkan Layanan Game Streaming xCloud

Dengan spesifikasi tersebut, Xbox Series X pun bakal mendukung resolusi 8K, menampilkan angka rata-rata frame per detik hingga 120 poin, ray tracing, dan mendukung fitur variable refresh rate.

“Kami ingin ada pembaharuan yang signifikan dari Xbox One. Jadi, ketika kami berhitung, pada perangkat yang baru ini, kami melihat adanya peningkatan kinerja GPU lebih dari 8 kali dari Xbox One, dan 2 kali lebih cepat dari Xbox One X,” ujar Phil Spencer.