Xiaomi-Google Ciptakan Smartphone Baru untuk Konsumen Indonesia?

Xiaomi-Google Ciptakan Smartphone Baru untuk Konsumen Indonesia?
Xiaomi Mi 5X (source: en.miui.com)

Technologue.id, Jakarta – Google telah membuktikan diri bahwasannya mereka tak cuma jago membuat software seperti Android, melainkan juga hardware smartphone itu sendiri. Pixel adalah jawaban konkret mereka.

Kendati demikian, anak perusahaan Alphabet Inc. itu juga sudah dikenal luas sebagai penyedia ponsel hasil kolaborasi, seperti Nexus dan Android One.

Baca juga:

Sama-sama Berbaterai Jumbo, Ini 3 Musuh Infinix Note 4 di Indonesia

Nah, ketika sebelumnya Google menggandeng vendor seperti LG, Huawei, hingga Sharp, kini mereka punya mitra baru. Melansir GSMArena (21/08/17), Xiaomi akan menggarap proyek Android One milik Google.

Ya, tak lama lagi untuk pertama kalinya Anda bakalan mendapati ponsel Xiaomi tanpa MIUI, firmware bikinan Xiaomi, tetapi memakai Android vanilla atau murni. Rumornya, Xiaomi Mi 5X-lah yang akan diciptakan untuk proyek smartphone Android murah ini.

Baca juga:

Desain Xiaomi Mi Mix 2 Lebih Keren dari Samsung Galaxy S8?

Yang cukup mencengangkan, ponsel Android One Xiaomi-Google ini bakal dihadirkan untuk konsumen di Indonesia. Walau begitu, tampaknya kali ini bukan pasar menengah ke bawah yang disasar. Sebab, banderol Mi 5X Android One diprediksi berkisar di angka Rp2 sampai Rp3 jutaan.

Sebelumnya, Google sempat bermitra dengan tiga vendor Tanah Air untuk menggarap Android One, yakni Mito, Evercoss, dan Nexian. Saat itu, harga yang ditawarkan untuk tiga perangkat Android One itu adalah Rp1 jutaan.

Baca juga:

Smartphone Essential PH-1 Memasuki Masa Pre-order

Xiaomi sendiri bukan vendor yang asing untuk konsumen Indonesia. Setelah memenuhi standar TKDN April lalu, bisa jadi mereka akan makin besar di sini karena menawarkan produk berspesifikasi mumpuni dengan harga bersaing.