Technologue.id, Jakarta – Setelah diresmikan di India Februari lalu, akhirnya Xiaomi mengumumkan secara resmi akan membawa Redmi Note 5 ke Indonesia. Vendor asal China itu hari ini (03/04/2018) mengunggah teaser resmi launching produk tersebut pada 18 April 2018 mendatang.

Akan tetapi, redaksi melihat produk yang dimaksud “Redmi Note 5” di poster tersebut adalah Redmi Note 5 Pro. Sebab, Redmi Note 5 sejatinya belum mengusung kamera ganda.

Atau bisa jadi, Xiaomi akan memakai nama Redmi Note 5 untuk Redmi Note 5 Pro. Lalu kalau Redmi Note 5 orisinal bakal masuk ke Indonesia nantinya, mereka akan menamainya dengan Redmi 5 Plus seperti yang sudah mereka lakukan di negara asalnya.

Baca juga:

Duet Xiaomi Redmi Note 5 dan Note 5 Pro Resmi Melenggang

Nah sekarang, seperti apa spesifikasi Redmi Note 5 Pro? Apakah gadget 5,99 inci berasio 18:9 ini tergolong flagship?

Di atas kertas, redaksi menilai Redmi Note 5 lebih cocok digolongkan ke kelas menengah. Walaupun punya desain yang kekinian. Alasannya, kelas prosesornya masih belum Snapdragon 800 Series, tepatnya memakai Snapdragon 636.

Baca juga:

Daftar Smartphone Xiaomi yang Kebagian MIUI 9.5

Walau begitu, jeroan Redmi Note 5 Pro tetap mentereng, apalagi jika dirilis di bawah Rp3 jutaan seperti di India. Anda akan menjumpai kamera ganda 12MP+5MP di belakang (f/2.2 dan f/2.0), kamera 20MP dengan aperture f/2.2 di depan, OS Android 7.1.2 Nougat berbalut MIUI 9, sensor pemindai sidik jari di belakang, serta baterai tanam 4.000mAh yang sudah support fast charging.

Xiaomi Pastikan Redmi Note 5 Masuk Indonesia, Berapa Harganya?
Xiaomi Redmi Note 5 Pro (source: Xiaomi)

Untuk RAM, ada dua opsi, yaitu 4GB dan 6GB. Sedangkan memori internalnya 64GB, tetapi bisa diperluas hingga 256GB dengan microSD. Gawai pengadopsi layar IPS beresolusi 1080×2160 piksel ini juga punya empat varian warna: hitam, gold, rose gold, dan biru.

Di India sendiri, Redmi Note 5 Pro dengan RAM 4GB dijual Rp2,9 jutaan. Sementara versi 6GB-nya dibanderol Rp3,6 jutaan. Kemungkinan, tak ada perbedaan signifikan saat dirilis resmi di sini. Namun untuk amannya, baiknya kita tunggu bersama 18 April nanti.

Baca juga:

3 Smartphone Dual-Camera Murah Saingan Xiaomi Mi A1 di Indonesia

Ada yang sudah kepincut dengan gawai bermaterial aluminium ini?